Berkat kerja keras kita, jembatan ini telah diselesaikan dengan baik dan telah berdiri kokoh. Saya berharap Pemerintah bersama seluruh masyarakat untuk bertanggungjawab dalam menjaga dan memelihara jembatan tersebut."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan Jembatan Wijaya Kusuma di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, mengatakan dengan diresmikannya Jembatan Wijaya Kusuma yang sebelumnya dikenal dengan nama Jembatan Ngadiluwih, ini akan meningkatkan konektivitas antara wilayah timur dan barat, tepatnya antara Kecamatan Mojo dan Ngadiluwih di Kabupaten Kediri yang dipisahkan oleh Sungai Brantas.

"Berkat kerja keras kita, jembatan ini telah diselesaikan dengan baik dan telah berdiri kokoh. Saya berharap Pemerintah bersama seluruh masyarakat untuk bertanggungjawab dalam menjaga dan memelihara jembatan tersebut," kata Menteri Basuki.

Ada pun Jembatan Wijaya Kusuma memiliki bentang sepanjang 182,84 meter dengan jenis rangka baja. Pembangunan jembatan dimulai pada 15 Mei 2017 dengan total biaya Rp32,77 miliar.

Menteri Basuki mengatakan pembangunan infrastruktur adalah bagian dari agenda utama Nawacita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Melalui fokus pembangunan infrastruktur, konektivitas antar wilayah semakin baik guna lebih mendorong pertumbuhan ekonomi.

Peresmian juga turut dilakukan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Agung dan dihadiri Bupati Kediri Haryanti Sutrisno, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto dan Kepala BBPJN VIII Ketut Dharmawahana.

Seskab Pramono Anung mengatakan selama ini warga sisi Barat Kabupaten Kediri mengalami kesulitan dalam mengirimkan hasil panennya ke wilayah timur.

"Mudah-mudahan jembatan ini dapat membuka keterisolasian warga pada sisi barat sungai," kata Pramono.

Sebelum jembatan ini dibangun, warga harus menyeberangi sungai dengan menggunakan perahu tambang dengan daya angkut terbatas.

Sementara untuk kendaraan roda empat, mereka harus memutar sekitar 15 kilometer melalui jembatan Alon-alon Kota Kediri.

Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto menambahkan bahwa selain struktur jembatan, juga dibangun jalan pendekat sepanjang 80 meter sisi Beranggahan dan 60 meter di sisi Mojo. Jembatan ini memiliki lebar 7 meter dengan 1 meter trotoar di setiap sisinya.

Jembatan Wijaya Kusuma akan memberikan manfaat nyata bagi perkembangan sosial-ekonomi kawasan, utamanya dari Kota Kediri, Ngadiluwih dan Tulungagung ke Selingkar Wilis.

Selingkar Wilis merupan ruas jalan sepanjang 240 km yang akan dibangun secara bertahap guna menghubungkan enam kabupaten di kaki Gunung Wilis, yaitu Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Madiun, Nganjuk, dan Kediri.

Kementerian PUPR mendukung pengembangan kawasan ini dengan meningkatkan kualitas infrastruktur yang saling terkoneksi antara daerah yang berada di kaki lereng Gunung Wilis.

Selingkar Wilis juga menjadi bagian dari Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) 12 yang memiliki potensi sektor agrobisnis, hortikultura, energi, dan pariwisata.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018