Kanselir Jerman hormati keputusan Ozil mundur dari timnas

Kanselir Jerman hormati keputusan Ozil mundur dari timnas

Selebrasi gelandang Jerman Mesut Ozil usai mencetak gol ke gawang Aljazair pada laga 16 Besar Piala Dunia 2014 di Beira-Rio Stadium, Porto Alegre (30/6). (AFP PHOTO/PATRIK STOLLARZ)

Berlin (ANTARA News) - Kanselir Angela Merkel "menghormati" keputusan Mesut Ozil untuk berhenti bermain bagi tim nasional Jerman, ujar juru bicaranya pada Senin (23/07), setelah gelandang itu mengundurkan diri atas dugaan "rasisme" terkait kritik terhadap dirinya.

Baca juga: Ozil mundur dari timnas karena merasa "tidak diinginkan"

"Kanselir menilai Mesut Ozil sangat tinggi. Dia adalah pemain sepak bola yang telah berkontribusi besar untuk tim nasional," kata Ulrike Demmer, sambil menambahkan bahwa dia "kini membuat keputusan yang harus dihormati."

Ozil, yang memiliki keturunan Turki tetapi lahir di Jerman, telah dikecam karena mengunggah foto kontroversial dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Mei yang memicu keraguan tentang loyalitasnya kepada skuat Jerman menjelang Piala Dunia di Rusia.

Baca juga: Ozil membela diri terkait foto dengan Erdogan

"Dengan berat hati dan setelah mempertimbangan sejumlah peristiwa baru-baru ini, saya tidak akan lagi bermain untuk Jerman di tingkat internasional bila saya mendapatkan perlakuan rasisme dan tidak hormat," katanya dalam sebuah pernyataan di media sosial pada Minggu.

Ozil (29), mengatakan dia telah menjadi kambing hitam kala Jerman secara mengejutkan tersingkir di fase grup di Piala Dunia.

Dia menegaskan bahwa dia adalah warga Turki dan Jerman serta tidak bermaksud untuk membuat pernyataan politik dengan tampil bersama Erdogan sebulan sebelum pemilihan di Turki, AFP.(hs)

Baca juga: Ozil dan Gundogan dihujani kritik akibat foto bersama Erdogan

Pewarta : Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018