Hangzhou perkenalkan logo Asian Games 2022

Hangzhou perkenalkan logo Asian Games 2022

Logo Asian Games ke-19 yang akan berlangsung di Kota Hangzhou, China, tahun 2022. (Xinhua)

Jakarta (ANTARA News) - Tuan rumah Asian Games ke-19, Hangzhou, China, meluncurkan logo untuk pesta olahraga se Asia yang akan berlangsung tahun 2022 itu berupa gambaran gelombang berisi simbol berbagai elemen.

Logo berjudul surging tides itu melambangkan enam elemen yakni kipas China, Sungai Qiantang, gelombang air sungai ke laut, lintasan lari, ikon internet, dan sinar merah matahari yang ada di lambang Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Logo itu juga melambangkan karakteristik China dan menggabungkan momentum di era baru dan mewakili semangat persatuan, solidaritas dan perkembangan OCA.

"Lambang ini mewujudkan karakter era kita dan semangat Olimpiade," kata Wali Kota Hangzhou Xu Lily, mewakili Panitia Penyelenggara Asian Games Hangzhou (HAGOC). 

Peluncuran logo Asian Games ke-19/2022 itu dilakukan di  Kantor Hangzhou Culture Radio Television Group di Hangzou, seperti dikutip laman resmi OCA, Senin.

Logo Asian Games 2022 itu sendiri dibuat setelah HAGOC membuka sayembara yang tersebar ke seluruh dunia dan menerima 4.263 disain usulan.

Setelah melalui tahap-tahap seleksi akhirnya disain yang dibuat Profesor Yuan Youmin dari China Academy of Art yang terpilih sebagai pemenang serta mendapat persetujuan dari Komite Olimpiade China dan OCA.

Asian Games ke-18 akan berlangsung di Jakarta dan Palembang, Indonesia, mulai 18 Agustus 2018, dan bendera Asian Games akan diserahkan ke Hangzhou dalam acara penutupan di Jakarta 2 September.

Hangzhou merupakan ibukota Provinsi Zhejiang di timur China.

Baca juga: Hangzhou raih peringkat pertama sebagai kota paling berkembang di Tiongkok
 
Pewarta : Teguh Handoko
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018