Jakarta (ANTARA News) - Petugas Polda Metro Jaya akan merekayasa sejumlah jalan saat upacara pembukaan Asian Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta Pusat pada Sabtu (18/8) pukul 14.00 WIB.

"Pengalihan arus saat pembukaan Asian Games agar tidak mengganggu kegiatan masyarakat," kata Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto di Jakarta Kamis.

Budiyanto menyebutkan lima ruas jalan yang akan dialihkan ketika upacara pembukaan pesta empat tahunan olah raga antarnegara Asia tersebut.

Pengalihan kendaraan dari flyover Senayan dan Ladogi, kendaraan dari Semanggi lurus ke arah Slipi.

Kendaraan dari traffic light (TL) Lapangan Tembak lurus menuju flyover Senayan atau belok kiri ke Slipi.

Kendaraan dari Slipi lurus ke Semanggi sehingga petugas melarang pengendara memutar belok kiri menuju jembatan arah Jalan Gerbang Pemuda.

Selanjutnya, pengalihan pada pintu FX Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan akan ditutup sehingga kendaraan dari Bundaran Senayan lurus ke Semanggi melalui jalur cepat.

Selain itu pintu masuk FX Sudirman yang melalui Jalan Jenderal Sudirman akan dibuka tetapi pintu keluar yang melalui Jalan Pintu I Senayan ditutup. 

Pengalihan jalan di TL Senayan City bagi kendaraan dari arah Jalan Universitas Moestopo menuju ke Jalan Asia Afrika masuk ke Jalan Pakubuwono.

Pengalihan rute lainnya di perempatan Patal Senayan bagi kendaraan dari Jalan Patal Senayan 1 menuju ke Jalan Asia Afrika berputar balik atau dibelokan ke kiri menuju Jalan Senayan 2 atau Permata Hijau. 

Pengalihan selanjutnya di TL Lapangan Tembak bagi kendaraan dari arah TL Palmerah diarahkan belok kiri menuju fly over Skat 2.

Budiyanto menyatakan polisi yang akan mengatur kelancaran lalu lintas saat pembukaan Asian Games sebanyak 1.812 personel.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018