Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Iran, Octavino Alimudin, mengatakan bahwa kondisi Iran pada saat ini cukup kondusif bagi Warga Negara Indonesia dan diaspora di Iran.

"Kondisi Iran cukup kondusif bagi WNI dan diaspora di Iran juga bagi WNI yang datang dari Indonesia ataupun dari mana saja untuk berkunjung," ujar Octavino sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tehran di Jakarta, Sabtu.

Octavino mengatakan hal tersebut ketika memberikan sambutan dalam upacara memperingati 73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kondisi Iran yang kondusif dikatakan Octavino dibuktikan dengan semakin banyaknya WNI yang datang dan mengikuti berbagai kegiatan olahraga, penelitian, jurnalis, pedagangan, budaya dan pariwisata di Iran

"Pemerintah Iran senantiasa mendukung setiap kegiatan yang dilakukan terutama terkait Indonesia dan peningkatan hubungan bilateral kedua negara," ujar Octavino.

Kendati demikian, Octavino tetap meminta agar masyarakat dan diaspora Indonesia dapat saling memberikan informasi terkait.

Lebih lanjut Octavino menjelaskan bahwa pihaknya telah membentuk Panitia Pemilih Luar Negeri (PPLN) Tehran dalam rangka menyambut Pileg dan Pilpres 2019 yang akan diselenggarakan serentak.

"Seluruh WNI di Iran telah terdaftar untuk berpartisipasi aktif memberikan hak suaranya pada April 2019 di dua TPS yaitu di Tehran dan Qom," jelas Octavino.

KBRI Tehran dikatakan Octavino juga tengah meningkatkan sistem pelayanan terbaik untuk WNI di Iran agar setiap permasalahan dapat diketahui dan ditangani secepatnya.

Untuk kepentingan tersebut, masyarakat dan diaspora Indonesia dihimbau untuk lebih komunikatif dan terbuka dalam menyampaikan gagasan-gagasan atau permasalahan yang dihadapi.

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2018