Yogyakarta (ANTARA News) - Delegasi dari berbagai negara yang hadir dalam Sidang Umum Dewan Perempuan Internasional (ICW) ke-35 menantikan kunjungan ke Candi Borobudur dan komplek desa wisata binaan BUMN Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Magelang, Jawa Tengah, pada Selasa (17/9).

"Saya sudah mengunjungi Indonesia beberapa kali, Jakarta, Bali, dan kali ini Yogyakarta, tapi belum pernah ke Candi Borobudur. Saya lihat gambar-gambarnya dan tampak megah sekali," kata salah satu anggota Dewan Legislatif ICW Christine Knock usai sidang adopsi rencana aksi ICW untuk tiga tahun ke depan di Hotel Grand Inna Malioboro, Senin (16/9).

Selain berharap bahwa kunjungan ke Borobudur dan Balkondes dapat menjadi penutup yang manis bagi Sidang Umum ICW ke-35, Knock juga ingin melihat langsung desa wisata yang dikembangkan dengan partisipasi masyarakat setempat.

"Saya mendengar pidato menteri Anda (Menteri BUMN Rini Soemarno) pada hari pertama bahwa perempuan menjadi struktur yang penting dalam menggerakkan masyarakat setempat untuk mengembangkan desa wisata ini," kata dia.

Mantan salah satu wakil presiden ICW tersebut menyampaikan kambali bahwa pemberdayaan perempuan tidak hanya akan bermanfaat bagi perempuan itu sendiri, tetapi juga bagi keluarga dan masyarakatnya.

"Anda pasti lelah mendengarnya berulang kali selama pertemuan ini berlangsung, dan terus akan kami suarakan karena memang begitu adanya. Salah satu buktinya, mungkin bisa kita lihat di desa itu (Balkondes)," kata Knock.

Saat ini, terdapat dua puluh BUMN yang terlibat dalam pengembangan Balkondes, antara lain di Desa Ngargogondo, Desa Tuksongo, serta Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur.

Sebelumnya, Staf Khusus II Menteri BUMN Judith Jubiliana Navarro Dipodiputro saat jumpa pers di Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, Sabtu, mengatakan delegasi Sidang Umum ke-35 ICW dari 44 negara yang masih berada di Yogyakarta akan diajak berkunjung ke Balkondes pada 18-19 September.

Mereka akan diajak menginap di 18 Balkondes yang dibangun oleh BUMN yang tersebar di Kecamatan Borobudur dengan jumlah total 200 kamar yang siap disinggahi.

Selain untuk menjamu para peserta Sidang Umum ke-35 ICW dengan keindahan alam di kawasan Candi Borobudur, menurut Judith, upaya mengajak mereka ke Balkondes juga memiliki tujuan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara di kawasan Candi Borobudur dengan melibatkan masyarakat setempat.

Sidang Umum ICW ke-35 di Yogyakarta, 13-18 September 2018, diselenggarakan oleh ICW, Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), dan didukung penuh oleh 35 BUMN, termasuk Perum Kantor Berita Antara.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018