Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiagakan lebih dari 200 unit bus Trans Jakarta untuk menyambut perhelatan Asian Para Games 2018 mendatang.

"Ada sekitar di atas 200 unit bus Trans Jakarta yang kami siapkan untuk Asian Para Games 2018, di dalam jumlah tersebut, ada bus yang lebih rendah untuk penyandang disabilitas," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, Sabtu.

Hal ini, kata Anies merupakan salah satu kesiapan pihaknya untuk menyambut perhelatan olahraga akbar bagi kaum disabilitas di Asia ini yang dinyatakannya telah siap 100 persen mulai dari fasilitas transportasi, kesehatan, infrastruktur dan venue secara keseluruhan telah siap.

"Kami sudah siap ini kan pengulangan Asian Games 2018 lalu, hanya dalam skala yang lebih kecil. Bagi Pemprov, Asian Games lalu adalah pemanasan dengan skala lebih besar. Dan sekarang hanya pengulangan dengan skala kecilnya, jadi kami siap," katanya.

Asian Para Games 2018 sendiri akan bergulir pada 6-13 Oktober mendatang dengan memainkan 18 cabang olahraga.

Sebelumnya panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) memastikan seluruh venue atau arena pertandingan sudah siap digunakan untuk ajang Asian Para Games yang diselenggarakan awal Oktober mendatang.

Semua arena sudah siap untuk digunakan karena sebagian besar dari arena Asian Para Games 2018 merupakan eks arena Asian Games 2018," kata Direktur Divisi Sport INAPGOC Fanny Riawan dalam konferensi pers di Kawasan GBK, Senayan, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, pihaknya menyiapkan 19 arena pertandingan untuk 18 cabang olahraga. Dari seluruh arena yang akan digunakan, delapan diantaranya terletak di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

Sedangkan 11 arena lainnya yang dijamin Anies telah siap, yakni Cempaka Putih Sports Hall (Jakarta Pusat), JIExpo Kemayoran (Jakarta Pusat), Velodrome (Jakarta Timur), GOR POPKI (Jakarta Timur, Balai Kartini (Jakarta Selatan), Balai Sudirman (Jakarta Selatan). Lalu ada pula Econvention Ancol (Jakarta Utara), Jaya Ancol Bowling Center (Jakarta Utara), Klub Kelapa Gading (Jakarta Utara), Tanjung Priok Sports Hall (Jakarta Utara) dan Sentul International Circuit (Bogor). 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018