Kami ingin memberikan perhatian kepada saudara-saudara kita di Donggala dan Palu, karena saudara kita di sana mendapat musibah.
Batam, (ANTARA News) - Wali Kota Batam Kepulauan Riau, Muhammad Rudi turun ke simpang-simpang jalan untuk mengumpulkan sumbangan bagi korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Selasa.

Wali Kota langsung mengumpulkan derma menggunakan kotak kardus dari sejumlah pengguna jalan di Simpang BNI, bersama puluhan relawan lain.

"Kami ingin memberikan perhatian kepada saudara-saudara kita di Donggala dan Palu, karena saudara kita di sana mendapat musibah." kata Wali Kota.

Kegiatan mengumpulkan derma di jalan itu sudah yang kedua kali dilakukan Wali Kota, setelah bulan lalu dilaksanakan untuk korban gempa Lombok dan Sumbawa.

Wali Kota berharap, kehadiran dirinya di jalan dapat menggugah hati warga untuk memberikan donasi.

"Karena mereka yang di sana juga saudara kita. Semoga bantuan ini bisa memberikan motivasi mental, sehingga mereka bisa pulih kembali," kata dia.

Di tempat yang sama, Kepada Dinas Sosial Hasyimah mengatakan pengumpulan donasi untuk Palu dan Lombok di simpang-simpang dilaksanakan selama 15 hari, sedikitnya di empat simpang, di antaranya Simpang BNI, Simpang Masjid Raya dan Simpang Martabak Har.

"Ada 4 simpang yang kami koordinir, ada poskonya juga," kata dia.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengajak seluruh pihak bergerak cepat dalam membantu meringankan beban korban bencana.

"Karena Indonesia ibarat satu tubuh, sakitnya bagian timur tentu kita di barat akan merasakan juga," kata Gubernur.

Ia menargetkan, dalam sepekan ke depan, tim tanggap bencana yang dibentuk Pemprov sudah bisa mulai bekerja dan memperlihatkan hasil yang dapat dirasakan para korban.

Menurut dia, korban gempa membutuhkan bantuan dalam waktu cepat, terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok pada masa mengungsi.

"Harus terorganisir, apalagi lokasinya yang jauh, kita harus cepat, berkoordinasi dengan kabupaten dan kota agar bantuan dapat dikirimkan serentak," kata Gubernur.*

Baca juga: 10 korban gempa dirawat di RS Unhas

Baca juga: BNPB: Pengungsi bencana Sulteng 61.867 jiwa


 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018