Trump: Haley akan tinggalkan PBB akhir tahun

Trump: Haley akan tinggalkan PBB akhir tahun

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Nikki Haley berbicara dalam sebuah pertemuan oleh Dewan Keamanan PBB tentang Korea Utara di markas besar PBB di New York City, Amerika Serikat, Selasa (29/8/2017). (REUTERS/Andrew Kelly )

Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada Selasa dia telah menerima pengunduran diri Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Nikki Haley, yang akan meninggalkan posnya pada akhir tahun.

Trump mengatakan Haley, yang pernah menjadi gubernur Carolina Selatan ketika Trump menugaskannya untuk menjadi duta besar AS untuk PBB, mengatakan kepadanya enam bulan lalu bahwa dia ingin mundur.

Haley, terpilih sebagai wanita gubernur pertama negara bagian itu tahun 2010, dan sedang menjalani masa tugas kedua untuk empat tahun ketika Trump menugaskannya.

Ketika berbicara kepada wartawan di Ruang Oval, Trump memuji Haley telah melanksanakan tugasnya yang luar biasa dan mengatakan berharap ia bisa kembali ke pemerintahan dalam penugasan lain.

Sejauh ini belum diketahui dengan jelas mengapa dia mengundurkan diri.

Trump menulis di Twitter bahwa akan "ada pengumuman besar dengan teman saya Duta Besar Nikki Haley di Gedung Putih" pada Selasa pagi.

Haley merupakan anggota staf senior yang terbaru meninggalkan pemerintahan Trump, termasuk mantan Menteri Luar Negeri Rex Tillerson yang dipecat pada Maret.

Haley, yang merupakan salah satu penasehat paling dipercaya Trump, tidak mengonfirmasi laporan itu kepada Reuters ketika ditanya mengenai hal tersebut dalam suatu kunjungan ke Gedung Putih pada Selasa.

Awal tahun ini, Haley, 46 tahun, kepada Reuters bahwa, "Setiap hari saya merasa seperti saya meletakkan pelindung tubuh," untuk melindungi kepenttingan AS di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Editor: M. Anthoni
Pewarta : Antara
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
COPYRIGHT © ANTARA 2018