Palembang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) minta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mencegah secara dini penyakit kanker karena sangat membahayakan.

Pelaksana Harian Kadis Kominfo Sumsel, Amrullah saat sosialisasi kanker bersama Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia di Palembang, Jumat, mengatakan bukan itu saja tetapi bila terkena kanker maka sulit diobati bahkan bisa mematikan.

Apalagi berdasarkan data dari berbagai rumah sakit bahwa pasien yang berobat rata-rata sudah mencapai stadium lanjut. Dia menambahkan, kesemuanya itu diakibatkan karena minimnya informasi yang diterima masyarakat akan gejala dan bahaya penyakit kanker tersebut.

Sehubungan itu melalui sosialisasi sekarang ini diharapkan masyarakat mengerti bahaya akan penyakit kanker sehingga harus diantisipasi sejak dini karena kanker sulit ketahui secara kasat mata.

Sementara Kepala Cabang Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia melalui Konsultan YSKI Darwin Efendi mengatakan akan terus melakukan sosialisasi agar perkembangan penyakit kanker dapat ditekan.

Selain itu sosialisasi juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kanker dan tumor. Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan kewaspadaan masyarakat untuk menghindari penyakit kanker akan semakin tinggi sehingga jumlah penderita menjadi turun.*

Baca juga: Sistem kekebalan di awal kehidupan kunci cegah anak terkena leukemia

Baca juga: Riset buktikan makanan nabati turunkan risiko kanker


 

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018