Kami menghimbau pengungsi yang ke luar dari Sulteng, kembali lagi. Mari bangun Sulteng bersama-sama.
Batam (ANTARA News) - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kini kelistrikan di Sulawesi Tengah sudah normal kembali, paskabencana gempa yang disertai tsunami dan likuifaksi, beberapa waktu lalu.

"Pemulihan listrik sangat cepat. Hari ini 100 persen sudah beroperasi, full," kata Menteri saat berkunjung di Batam, Kepulauan Riau, Jumat.

Pemulihan penyaluran listrik di Sulteng sudah dimulai tiga hari setelah bencana. Tim kelistrikan langsung bergerak dengan berbagai upaya, memastikan daerah itu tidak gelap gulita.

Selain listrik, penyaluran bahan bakar minyak di sana juga sudah mulai normal kembali. "BBM juga sama. Kami melihat perkembangannya dalam setiap kunjungan. Pada kunjungan kedua dan ketiga, masyarakat mengantri BBM sampai mengular berkilometer. Sekarang sudah tidak ada antrian," kata Menteri.

Begitu pula dengan masalah telekomunikasi. Ia mengatakan, kini masyarakat sudah tidak menemukan kendala untuk berkomunikasi jarak jauh dengan kerabat dari dan ke luar Sulteng.

Menurut dia, percepatan pemulihan listrik, BBM dan telekomunikasi itu menandakan kehidupan masyarakat Sulteng sudah mulai pulih.

"Percepatan itu memberi suatu sinyal, dampak masyarakat, bahwa ekonomi di Sulteng sudah berjalan," kata dia.

Pemulihan bencana di Sulteng berlangsung relatif cepat, dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, termasuk dunia internasional. Dalam waktu kurang dari dua pekan, semua sistem dalam pengelolaan bencana bisa sejalan dan berjalan dengan baik.

Menteri juga mengimbau seluruh pengungsi yang keluar dari Sulawesi Tengah segera kembali ke daerahnya, untuk bersama-sama menghidupkan Palu, Sigi dan Donggala. "Kami menghimbau pengungsi yang ke luar dari Sulteng, kembali lagi. Mari bangun Sulteng bersama-sama," kata Menteri.

Baca juga: Kementerian ESDM sebut 1.910 gardu listrik Sulteng beroperasi

Baca juga: Pengungsi Sibalaya, Sigi berharap segera dapat listrik


 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018