Jakarta (ANTARA News) - Fiat Chrysler (FCA)  setuju untuk menjual unit Magneti Marelli-nya ke KKR Calsonic Kansei, dua sumber yang akrab dengan hal ini mengatakan pada hari Minggu waktu setempat dan menambahkan,  kesepakatan yang akan diumumkan pada Senin.

Penjualan itu adalah keputusan besar pertama bagi Chief Executive FCA yang baru, Mike Manley, yang mengambil alih pada Juli ketika bos lama Sergio Marchionne jatuh sakit dan kemudian meninggal setelah mengalami komplikasi akibat operasi.

Dikutip dari Reuters pada Senin,  nilai transaksi Magneti Marelli, pembuat komponen yang terdiversifikasi yang mengkhususkan diri dalam pencahayaan, powertrain dan elektronik, sebesar 6,2 miliar euro ( 7,14 miliar dolar), tidak termasuk utang, salah satu sumber mengatakan.

Sumber itu menambahkan, bahwa penjualan ini penuh dari pihak keluarga Agneli maupun dari FCA, namun pemegang saham tertinggi akan mempertahankan kepemilikannya setelah kese[akatan ini berjalan.

Tidak ada rincian lain dari perjanjian itu yang segera diketahui, penyegelan kesepakatan itu pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg. Calsonic Kansei dan KKR tidak segera tersedia untuk dimintai komentar.
Baca juga: Magneti Marelli coba jajaki investasi di Indonesia

Reuters melaporkan pada bulan September bahwa pembuat suku cadang mobil Jepang telah berbaris sekitar 5 miliar euro dalam pembiayaan dari bank-bank Jepang untuk mendanai akuisisi yang diusulkan Magneti Marelli.

Pembuat suku cadang mobil Jepang, yang merupakan dana ekuitas swasta AS yang dibeli KKR dari Nissan dan pemegang saham lainnya pada tahun 2016, telah dalam pembicaraan dengan FCA selama berbulan-bulan dan membuat proposal awal sebesar 5,8 miliar euro untuk Magneti Marelli, sumber mengatakan sebelumnya.

Kesepakatan itu sedang disusun sebagai akuisisi langsung oleh Calsonic untuk menciptakan raksasa komponen otomotif global senilai sekitar 16 miliar euro dalam pendapatan, memangkas biaya melalui sinergi dan memperluas basis pelanggan dari kedua pemasok.

Marchionne telah menggerakkan sebuah proses untuk memisahkan unit dan mendistribusikan sahamnya kepada pemegang saham FCA pada awal 2019.

Namun, pada salah satu penampilan publik terakhirnya pada bulan Juni, Marchionne mengatakan FCA masih akan "menerima" tawaran jika itu "benar diakui" nilai Magneti Marelli.

FCA tidak menyebutkan laba untuk Magneti Marelli, yang duduk di dalam unit komponen pembuat mobil bersama spesialis robotika Comau dan perusahaan casting Teksid. Unit ini mempekerjakan sekitar 43.000 orang dan beroperasi di 19 negara.

Magneti Marelli sering disebut-sebut sebagai target pengambilalihan dan FCA telah menarik minat dari berbagai saingan dan perusahaan ekuitas swasta selama bertahun-tahun, tetapi sejauh ini kesepakatan tetap sulit dipahami karena calon penawar menawarkan terlalu sedikit atau hanya tertarik pada beberapa bagian dari bisnis.

FCA juga lebih suka menawarkan Calsonic kepada penawar ekuitas swasta murni karena membatasi risiko unit yang rusak.


Baca juga: Fiat Chrysler bersiap untuk memproduksi plug-in hybrid Jeep Renegade
Baca juga: Ram akan memproduksi pickup di pabrik Jeep Wrangler
Baca juga: Dianggap mirip Jeep Wrangler, AS selidiki mobil India Mahindra
Pewarta:
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018