Lebak, Banten (ANTARA News) - Calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyatakan siap membantu pembentukan Kabupaten Cilangkahan di wilayah Banten bagian selatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

"Kami akan membantu Kabupaten Cilangkahan lepas dari induk Kabupaten Lebak," kata KH Ma'ruf Amin, saat silatuhrahmi bersama alim ulama se-Banten selatan dan deklarasi serta dukungan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Ponpes Tanara, Kabupaten Serang, Minggu.

Pembentukan Kabupaten Cilangkahan di wilayah Banten bagian selatan merupakan aspirasi masyarakat sehingga perlu diperjuangkan oleh para calon anggota legislatif, kata Ma'ruf.

Pasangan Jokowi-Ma`ruf Amin, lanjut dia, siap membantu pembentukan Kabupaten Cilangkahan jika memenangkan Pilpres 2019.

"Kami minta persyaratan-persyaratan untuk menjadi kabupaten segera dipenuhi," kata Ma'ruf.

Selama ini, pembentukan Cilangkahan menjadi kabupaten tersendiri terbentur adanya moratorium atau penghentian sementara daerah otonomi baru (DOB).

Sekretaris Umum Pembentukan Kabupaten Cilangkahan KH Ahmad Taufik mengatakan pihaknya menyambut positif KH Ma'ruf Amin sebagai Cawapres yang akan membantu pembentukan Kabupaten Cilangkahan.

Menurut dia pembentukan Kabupaten Cilangkahan sangat mendesak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, menurutnya, Kabupaten Cilangkahan sudah layak lepas dari Kabupaten Lebak baik dari segi sumber daya alam (SDA) jumlah penduduk juga kondisi infrastruktur.

Bahkan, pihaknya sudah menyiapkan lahan seluas 40 hektare untuk pembangunan kawasan pemerintahan. Kemungkinan ibu kota Kabupaten Cilangkahan berlokasi di Kecamatan Malingping.

"Kami yakin pembentukan Kabupaten Cilangkahan akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat karena pelayanan begitu dekat dibandingkan harus pergi ke Rangkasbitung yang jarak tempuhnya bisa mencapai tiga jam," kata Ahmad Taufik pula.

Pewarta: Mansyur
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2018