Jakarta (ANTARA News) - Pemain pengganti Italia Matteo Politano mencetak gol pada menit terakhir laga untuk mengamankan kemenangan 1-0 atas AS dalam pertandingan persahabatan yang dimainkan di Luminus Arena, Genk, Belgia pada Selasa.

Seperti dilansir laman resmi federasi sepak bola Italia (FIGC), pasukan Roberto Mancini hanya mencetak tiga gol dalam lima pertandingan terakhirnya dan baru mampu memastikan kemenangan atas AS pada fase akhir laga, meski mendominasi penguasaan bola dan menciptakan sejumlah peluang bagus selama 90 menit.

Mancini melakukan tujuh perubahan dari saat mereka bermain imbang 0-0 dengan Portugal di Milan pada Sabtu, dan mengamankan peringkat kedua di Liga A Grup 3 Nations League, di mana ia memberi kesempatan debut kepada gelandang Sassuolo Stefano Sensi.

Bagaimanapun, tim racikan barunya terlihat akan meraih hasil imbang sampai pemain sayap Inter Milan Politano melepaskan tembakan mendatar melewati kiper Ethan Horvath pada fase akhir laga.

Leonardo Bonucci menyia-nyiakan peluang bagus pada menit ke-18 ketika ia menaklukkan perangkap offside untuk menyambar tendangan bebas Sensi, di mana Horvath bergerak keluar dan memblok upayanya.

Kiper AS itu kembali menyelamatkan timnya pada menit-menit terakhir babak pertama, menepis sepakan jarak jauh Domenico Berardi sebelum mengatasi tendangan bebas Marco Verratti ketika tekanan Italia memuncak.
 
Azzurri terus mendominasi setelah turun minum, dan peluang lain kembali didapat ketika Kevin Lasagna melihat penyelesaiannya dapat diatasi Horvath.

Italia hampir membayar kegagalan mereka memanfaatkan peluang lima menit kemudian ketika AS mendapatkan peluang pertamanya di laga ini, kiper Salvatore Sirigu menyelamatkan Italia dengan reaksi cepatnya dari tandukan Walker Zimmerman.

Pada pertengahan babak kedua, penyerang Juventus 18 tahun Moise Kean masuk dan menjadi pemain senior pertama Italia yang lahir setelah tahun 2000, namun justru pemain debutan Vincenzo Grifo dari Hoffenheim, yang tampil sebagai pemain pengganti, yang memiliki peluang bagus ketika tendangan jarak jauhnya dapat ditepis Horvath.

Dengan lima menit tersisa, Kean menahan bola di dalam kotak penalti untuk kemudian diberikan kepada Lasagna, dan melepaskan tembakan dari jarak dekat, namun kegagalan penyerang Udinese itu terbayar ketika Politano mencetak gol pada menit ke-94.

Baca juga: Bonucci tidak terima dicemooh saat membela Timnas Italia

Baca juga: Ancelotti keluhkan perilaku kasar penonton Italia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018