Medan (ANTARA News) - Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mencoba memasak mie balap saat berkunjung ke Medan, Sabtu, dalam rangka Safari Kebangsaan III.

Keduanya mencoba memasak salah satu menu sarapan populer di Medan itu setelah menikmati makanan di salah satu kedai yang sederhana.

Hasto mulai memasukkan sayur dan makanan laut dalam wajan yang didalamnya terdapat minyak panas, kemudian kwetiau yang telah diberi kecap dimasukkan ke dalam wajan.

Ia mengaduk bahan-bahan tersebut agar bercampur rata sebelum telur dimasukkan selanjutnya. Setelah telur dimasukkan, masakan tersebut kembali diaduk rata hingga matang dan terciptalah kuliner yang lezat.

Sementara Djarot mengambil alih wajan di sebelah Hasto dan menggoreng cumi yang telah dipotong si pemilik rumah makan.

"Jadi hari ini kita bisa menyaksikan betapa Indonesia begitu kaya dengan makanan asli Indonesia bercita rasa surga," kata Hasto.

Salah satu contoh makanan dalam buku Mustika Rasa tentang resep makanan seluruh Indonesia karya Presiden pertama RI Sukarno disebut Hasto adalah mie balap.

Tentang nama makanan itu, menurut Hasto, sesuai dengan cita rasa bahan-bahan yang semuanya berbalapan mengenyangkan perut yang lapar.

"Kami punya tradisi setiap kami datang ke daerah kami mengangkat seluruh cita rasa dari menu a la Indonesia di mana setiap daerah berbeda dan ini menunjukkan kekayaan Indonesia yang luar biasa," ucap Hasto.

Baca juga: Yasonna ajak lawan hoaks soal kinerja pemerintahan

Baca juga: Ibu-ibu diminta sosialisasikan program Jokowi dari pintu ke pintu

Baca juga: Djarot ingatkan kader tidak bekerja sendiri-sendiri

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018