Banten (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyerahkan bantuan bagi korban tsunami Selat Sunda kepada Gubernur Banten Wahidin Halim di Posko Bantuan Logistik, Plaza Aspirasi di kompleks perkantoran Gubernur Banten, Jumat. 

"Kami ingin memastikan kebutuhan pengungsi semua tercukupi, semampu kami untuk urusan kesehatan, urusan logistik," ujar Tjahjo di Banten, Jumat. 

Secara simbolis, Tjahjo menyerahkan bantuan berupa selimut kepada Gubernur Banten. Selanjutnya bantuan yang terkumpul di posko logistik akan segera disalurkan Pemprov Banten ke posko pengungsian. 

Lebih jauh Tjahjo mengatakan, dalam tupoksinya Kemendagri ingin memastikan tata kelola pemerintahan berjalan, serta akan membantu identifikasi warga, ikut memastikan hal-hal berkaitan kesiapan pemilu termasuk mengecek tempat pemungutan suara. 

Oleh karena itu, Kemendagri sejak hari pertama bencana telah membangun sejumlah posko, mengerahkan praja IPDN dan menugaskan tim Dukcapil untuk keperluan identifikasi sidik jari korban bencana di rumah sakit di Banten. 

Tjahjo mengapresiasi jajaran pemda, TNI/Polri yang bergerak cepat menangani bencana. Tjahjo meminta pemerintah daerah menjalin kerja sama dengan media massa untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat. 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2018