Jakarta (ANTARA News) - Palestina merebut poin pertama mereka sepanjang sejarah partisipasi di Piala Asia setelah menahan imbang Suriah dengan skor 0-0 dalam pertandingan Grup B yang dimainkan di Stadion Sharjah, Sharjah, Uni Emirat Arab pada Minggu malam WIB.

Dengan hasil ini, Palestina menduduki peringkat kedua klasemen grup dengan koleksi satu poin, sedangkan Suriah di peringkat ketiga juga dengan satu poin, demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC. Pucuk klasemen Grup B dihuni oleh Jordania dengan tiga poin, sedangkan Australia berada di posisi juru kunci.

Dipecundangi dalam tiga pertandingan saat melakukan debutnya pada 2015, Palestina mampu tampil lebih kompetitif pada kesempatan ini, di mana mereka mampu meredam lawan yang lebih kuat meski harus kehilangan Mohammed Saleh yang diusir keluar lapangan.

Pemain bertahan itu mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-68 setelah beradu kepala dengan Omar Khrbin, namun Suriah tidak mampu memaksimalkan keunggulan jumlah pemainnya.

Kegagalan Suriah untuk memanfaatkan sejumlah peluang pada babak pertama membuat Palestina mampu memperbaiki permainan, dan pasukan Noureddine Ould Ali mampu balas mengancam pada fase awal pertandingan.

Sebagaimana yang telah diperkirakan, Suriah terbukti tetap lebih kuat dan dua kali hampir unggul pada 30 menit pertama.

Khrbin menjadi pusat dari kedua peluang yang mereka miliki, pertama saat Abdallah Jaber melakukan block di garis gawang, sebelum kiper Rami Hamada menepis sundulan yang mengancam gawangnya.

Pasukan Bernd Stange sedang berada dalam performa bagus ketika lutut Osama Omari terkilir, dan harus ditandu keluar lapangan.

Harapan mereka untuk mendulang tiga poin mendapat suntikan saat laga tinggal menyisakan 20 menit, ketika wasit Ravshan Irmatov menilai gerakan Saleh saat berduel udara dengan Khrbin membuatnya layak diusir dari lapangan.

Walau demikian, Palestina mampu meredam sang lawan dan mengamankan hasil imbang. Palestina selanjutnya akan berhadapan dengan Australia pada Jumat, sedangkan Suriah akan bertemu Jordania.

Susunan pemain seturut laman resmi AFC:

Suriah (4-2-3-1): Ibrahim Alma, Abdul Malek Al Anizan, Jehad Al Baour, Ahmad Al Salih, Moayad Ajan, Tamer Haj Mohamad (Ahmad Ashkar 81'), Zaher Al Midani (Mohammed Osman 73'), Osama Omari (Youssef Kalfa 41'), Omar Khrbin, Fahad Youssef, Omar Al Somah

Palestina (4-5-1): Rami Hamada, Musab Al Battat, Mohammed Saleh, Abdelatif Bahdari, Abdallah Jaber, Mohammed Darwish, Jonathan Cantillana (Shadi Shaban 76'), Tamer Seyam, Pablo Tamburrini (Alexis Norambuena Ruz 64'), Samah Maraaba, Yashir Pinto (Mahmoud Wadi 82')   

Baca juga: Data dan fakta tim Palestina di Piala Asia 2019
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019