Bandung (ANTARA News) - Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin, berjanji akan berkontribusi maksimal pada pembangunan nasional, khususnya Jawa Barat, jika terpilih sebagai wakil presiden periode 2019-2024.

"Kalau saya terpilih sebagai wakil presiden, saya akan berkontribusi lebih maksimal untuk masyarakat Jawa Barat, jangan sampai mengecewakan orang Sunda yang sudah memilih," katanya, di Bandung, Sabtu.

KH Ma'ruf Amin mengucapkan itu menjawab pertanyaan wartawan usai menghadiri silaturahmi dengan tokoh masyarakat Sunda di Hotel Horison, Bandung, Sabtu. Pada silaturahmi itu dia mendapatkan penghargaan sebagai tokoh masyarakat Sunda, yang ditandai dengan pemberian keris kujang dan kain sorban.

Jawa Barat, bersama Jawa Tengah dan Jawa Timur, merupakan "lumbung suara" untuk Pemilu dari masa ke masa karena jumlah pemilih di sana sangat mendominasi jumlah pemilih di tingkat nasional.

Ketika ditanya bagaimana tindak lanjut dari pemberian penghargaan itu, dia katakan, hal itu akan menjadi tanggung jawabnya sebagai orang Sunda yang diberikan penghargaan sebagai tokoh masyarakat Sunda.

Namun, pada sisi lain, dia mendorong masyarakat Sunda, untuk memilih dan memenangkan pasangan petahana pada Pemilu 2019. 

Pada kesempatan tersebut, Kiai Ma'ruf juga mengatakan, dengan dukungan masyarakat Sunda, dia optimistis dapat memenangkan Pemilu Presiden 2019 di Jawa Barat, minimal 60 persen.

"Pasangan yang mendampingi calon presiden Jokowi adalah orang Sunda, karena itu pasangan capres-cawapres 01, harus menang di Jawa Barat," katanya.

Sementara itu, tokoh senior masyarakat Jawa Barat, Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Solihin GP, mengatakan, pasangan Jokowi-Ma'ruf sama-sama orang hebat. "Mereka adalah pemimpin yang hebat. Mereka bukan cuma bicara, tapi bekerja dan terbukti dari karya-karyanya. Fakta telah membuktikan," katanya.
 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019