Makassar  (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV menyatakan tinggi gelombang laut di perairan Makassar berkisar antara 2,5 hingga 4.0 meter. 

"Tinggi gelombang laut ini dipengaruhi oleh beberapa faktor dan salah satunya karena angin bertiup kencang," ujar Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Nur Asia Utami di Makassar, Selasa. 

Ia menambahkan tinggi gelombang laut ini di atas angka normal setiap harinya yakni 1,25 hingga 2,5 meter yang termasuk kategori moderat sea

Sedangkan tinggi gelombang saat ini yang berkisar 2,5 hingga 4.0 meter masuk pada kategori rough sea. Pada kategori ini nelayan sangat tidak dianjurkan untuk melaut. 

Nur Asia menyatakan tingginya gelombang lebih disebabkan karena angin yang bertiup kencang di wilayah Selat Makassar bagian Selatan. Kecepatan angin maksimum tercatat 32 knot dari arah Barat pukul 08.40 Wita. 

Dia mengingatkan kepada para nelayan untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Untuk nelayan kategori perahu kecil sangat tidak dianjurkan berlayar karena kecepatan angin yang kencang. 

Sedangkan pelayaran dengan kapal tongkang hanya mampu bertahan pada kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 meter. 

Sementara itu kapal ferry mampu mengatasi kecepatan angin yang lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter.

"Di mohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisisr sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," ucapnya.

Baca juga: Pesisir Jawa hingga Sulawesi waspada dampak "supermoon'
Baca juga: Tinggi gelombang di perairan selatan Jabar diprediksi 3,5 meter

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019