Pontianak (ANTARA News) - Wilayah hukum Kepolisian Resor Bengkayang, Kalimantan Barat saat ini masih kategori aman jelang Pemilu 2019 yang saat ini sudah memasuki tahap kampanye Pemilu 2019 namun pengamanan wilayah tetap menjadi prioritas.

"Meski secara umum aman, namun ada beberapa kecamatan yang menjadi prioritas pengamanan," kata Kasat Intel Polres Bengkayang, AKP Dicky Z, saat dihubungi di Bengkayang, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa situasi kategori aman tidak terlepas dari berbagai pihak termasuk kecamatan yang telah mendukung sehingga keamanan selama masa Pemilu ini tetap terjaga.

"Di luar Pemilu kita juga tetap meminta kepada para camat dan Sekcam agar dapat membuat perkiraan-perkiraan atas gejala-gejala ancaman potensi bencana. Misalnya banjir atau longsor. Ini untuk memudahkan langkah-langkah preventif apa yang dapat diambil ketika terjadi bencana," jelas dia.

Sementara itu Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot menekankan bahwa keamanan merupakan tanggung jawab bersama. Hal itu penting untuk penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan termasuk pesta demokrasi yang sudah memasuki beberapa tahap.

"Pemilu sangat penting dalam rangka menentukan nasib dan keberlangsungan pemerintahan. Kesuksesan Pemilu tugas kita bersama pula dengan menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kita masing-masing," pesannya.

Dalam Pemilu menurutnya partisipasi pemilih penting dan itu harus terus ditingkatkan. Jangan sampai tingkat partisipasi menurun dari Pemilu sebelumnya. Kembali, peran serta semua pihak harus andil, bukan hanya penyelenggara Pemilu itu sendiri.

"Kecamatan dan Mapolsek harus saling berkoordinasi. Libatkan juga para guru dalam proses penyelenggaraan Pemilu. Hal penting lainnya yang perlu dilakukan para camat yakni berkoordinasi dengan PPS agar dapat merekrut anggota KPPS yang benar-benar mampu bekerja. Kali ini Pemilu menyandingkan dua pemilihan sekaligus, yakni presiden dan anggota legislatif. Oleh karena itu tugas yang dijalankan penyelenggara tentu akan semakin berat sehingga diperlukan mereka yang dianggap mampu bekerja," papar dia.

Baca juga: Polisi siapkan pengamanan empat lapis kawal debat capres

Baca juga: TNI-polisi di Jambi latihan bersama pengamanan Pemilu

Pewarta: Dedi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019