IHSG awal pekan menguat seiring meningkatnya bursa Asia

IHSG awal pekan menguat seiring meningkatnya bursa Asia

Bursa Efek Indonesia (BEI) (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal pekan, dibuka menguat seiring meningkatnya bursa saham Asia.

IHSG Senin pagi, dibuka menguat 20,41 poin atau 0,32 persen ke posisi 6481,59. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 5 poin atau 0,49 persen menjadi 1.019,81.

Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah di Jakarta, Senin, mengatakan, pada hari ini IHSG berpotensi melanjutkan penguatan namun pergerakannya akan cenderung datar atau "sideways".

"Ditengah volatilitas global yang masih tinggi, IHSG diperkirakan berpeluang untuk melanjutkan penguatan meskipun cenderung sideways. Sentimen lain yang diperkirakan memberikan dukungan bagi indeks ini pekan ini antisipasi pemodal atas musim laporan laba," ujar Alfiansyah.

Dari Inggris, parlemen akhirnya menyetujui untuk menunda proses Brexit yang awalnya efektif berlaku pada 29 Maret 2019. Inggris meminta tenggat waktu hingga Juni 2019, namun berharap Uni Eropa memberi tenggat waktu lebih lama.

"Kami melihat voting tersebut secara positif, karena menghindari Inggris keluar dari Uni Eropa tanpa kesepakatan, namun di sisi lain penundaan tersebut justru menjadi pintu masuk untuk ketidakpastian baru dan berbagai kemungkinan seperti percepatan pemilu dan referendum kedua," katanya.

Sedangkan dari AS, senat yang dikuasai oleh Partai Republik menolak deklarasi "national emergency" dari Trump, yang mengizinkan pemerintah untuk mengucurkan anggaran sekitar 8 miliar dolar AS untuk pembangunan tembok pembatas AS-Meksiko.

"Menurut kami, hal ini menggambarkan ketidakstabilan politik dan friksi internal yang dapat berisiko ke pasar modal," ujar Alfiansyah.

Sementara itu, bursa regional Asia antara lain indeks Nikkei menguat 120,51 poin (0,56 persen) ke 21.571,36, indeks Hang Seng menguat 132,12 poin (0,46 persen) ke 29.144,38, dan Straits Times menguat 11,29 poin (0,35 persen) ke posisi 3.211,47.
Pewarta : Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019