Garut (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika(Kemenkominfo) menggelar kegiatan hiburan tradisional sekaligus menyosialisasikan berbagai program pemerintah sejak 2014 atau selama hampir lima tahun kepada masyarakat di pelosok daerah di desa Padasono, kecamatan Cikajang, kabupaten Garut, Jawa Barat.

Kegiatan yang dihadiri banyak kalangan masyarakat itu ramai berkerumun untuk menyaksikan tayangan film tentang keberhasilan program pemerintah Indonesia semasa dipimpin Joko Widodo bersama Jusuf Kalla di tengah lapangan Desa Padasono, pada Kamis (28/3) malam.

Ketua panitia lokal acara,  Dede Wawan Setiawan mengatakan, sosialisasi keberhasilan selama lima tahun pemerintahan Joko Widodo itu bertujuan untuk memberikan pemahaman bahwa pemerintah telah banyak membangun untuk kepentingan rakyat.

"Acara dari Kemenkominfo ini memaparkan program pemerintahan Pak Jokowi selama 4,6 tahun, terutama keberhasilan di Jawa Barat," katanya.

Ia menyatakan, sosialisasi yang ditayangkan melalui media film layar lebar di tengah lapang itu di antaranya tentang program penanggulangan masyarakat miskin, dan berbagai bantuan langsung kepada masyarakat.

Selain itu, menayangkan program pembangunan infrastruktur jalan dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang saat ini banyak dirasakan masyarakat pedesaan di kecamatan Cikajang.

"Keberhasilan di Jabar seperti infrastruktur, PKH, pemasangan listrik gratis, rumah gratis, sertifikat tanah, KIP dan KIS," katanya.

Menurut dia, penayangan ini menjadikan media agar masyarakat mengetahui secara langsung tentang apa saja yang sudah dikerjakan pemerintah, termasuk hasil dari program yang sudah digulirkan oleh Presiden Jokowi.

"Cara kerja beliau (Jokowi) sudah kerja nyata tidak janji-janji, kerja nyata nyampai ke masyarakat kecil," katanya.

Seorang warga dari kecamatan Cisurupan, Otang (59) mengatakan, sengaja datang untuk menyaksikan langsung kegiatan sosialisasi tentang program pemerintah Jokowi di kecamatan Cikajang.

Menurut dia, kegiatan tersebut bagus untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pemerintah telah bekerja dan membangun bangsa secara merata bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk di Garut.

"Harapan saya masa depan bangsa ini lebih baik dari sekarang, dengan keberhasilan Pak Jokowi ini pembangunan hampir merata seluruh Indonesia," katanya.

Warga lainnya seorang ibu rumah tangga, Ating (44) mengatakan, program Presiden Jokowi telah memberikan kebahagiaan bagi masyarakat miskin, ke depan bisa lebih baik lagi seperti kebutuhan pokok masyarakat terjangkau, dan sekolah gratis.

"Program Jokowi itu ada sembako murah, banyak lagi. Saya mempunyai anak enam, makanya ingin sekolahnya gratis," katanya.

Sementara itu, kegiatan sosialisasi program pemerintah tersebut rencananya akan dilaksanakan di beberapa daerah pelosok di kabupaten Garut, termasuk daerah lainnya seperti kabupaten/kota Tasikmalaya, Ciamis dan Kuningan.
 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Alex Sariwating
Copyright © ANTARA 2019