Medan (ANTARA) - Anggota DPR RI dari Komisi X, Sofyan Tan menegaskan, sektor pertanian/perkebunan dan pariwisata masih menjadi andalan Sumut ke depannya dalam menggerakkan perekonomian

"Pertanian penting agar bahan pangan mencukupi kebutuhan dan tidak tergantung impor,.Sementara pariwisata mendorong perekonomian," katanya di Deliserdang, Senin

Dia berbicara usai membagikan bibit durian, alpukat dan jambu air kepada petani dan mengedukasi masyarakat di sekitar Orangutan Haven, Pancurbatu yang sedang dalam tahap pembangunan.
untuk menggunakan hak suara di Pemilu 2019.

Menurut dia, pembagian bibit buah-buahan khususnya durian itu dibagikan agar pohon buah tersebut semakin banyak lagi sehingga bisa memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat di Sumut.

"Durian menjadi makanan Sumut yang dikenal dan disukai wisatawan.Jadi dengan penanaman pohon durian itu ke depannya bisa menjamin ketersediaan produksi," katanya.

Dengan semakin banyak produksi durian, maka kebutuhan buah itu semakin terjamin dan wisatawan tetap tertarik berkunjung ke Sumut.

"Pemerintah memang harus terus melakukan banyak upaya untuk menjaring wisatawan agar perekonomian meningkat," katanya.

Secara nasional, kunjungan wisman ditargetkan 20 juta dan Sumut bisa satu juta.

Dia menegaskan, sumber daya manusia dan keamanan juga penting untuk dijaga dan ditingkatkan kualitasnya.

"Jangan sampai tenaga pariwisata Sumut diambil alih warga asing dan wisman enggan ke Sumut karena tidak aman," kata Sofyan Tan yang maju lagi dalam Pemilu 2019.
 

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019