Uni Eropa kepada Inggris: manfaatkan waktu perpanjangan Brexit

Uni Eropa kepada Inggris: manfaatkan waktu perpanjangan Brexit

Pebisnis Inggris dan rekan pendiri kampanye Tinggalkan Uni Eropa Arron Banks berjalan melewati pengunjuk rasa anti-Brexit diluar Houses of Parliament di London, Inggris, Rabu (27/3/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville/cfo

Brussel (ANTARA) - Presiden Dewan Eropa Donald Tusk pada Kamis mengatakan kepada Inggris agar tidak menyia-nyiakan waktu perpanjangan Brexit, setelah Uni Eropa menyetujui penundaaan kedua hengkangnya London hingga 31 Oktober.

"Mohon jangan sia-siakan waktu ini," kata Tusk saat konferensi pers usai menggelar pembicaraan dengan para pemimpin Uni Eropa selama delapan jam.

Ia menuturkan Inggris masih memiliki semua opsi Brexit yang tersedia selama perpanjangan waktu, dari menyetujui kesepakatan Brexit yang terhenti, hingga mengubah strategi untuk membatalkan kepergiannnya sama sekali.

Para pemimpin Uni Eropa akan meninjau kembali situasi tersebut dalam pertemuan rutin mereka pada Juni.

"Juni bukanlah sebuah tepi tebing, atau momen untuk mengambil keputusan baru, itu harus jelas," kata Tusk. "Juni bukan untuk membicarakan soal perpanjangan. Keinginan saya bahkan tidak untuk membahas, namun hanya untuk menginformasikan negara-negara anggota terkait situasi tersebut".

Sumber: Reuters

Baca juga: Prancis: Inggris mengarah pada "Brexit" tanpa kesepakatan
Baca juga: Mantan pemimpin EU: Inggris kemungkinkan tunda Brexit
Baca juga: Media: Pemerintah Inggris tidak minta perpanjangan masa peralihan
Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019