Depok (ANTARA) - Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Berbasis Pengelolaan Lingkungan Hidup Kampus, Universitas Indonesia (UI) GreenMetric memberikan penghargaan kepada sepuluh universitas terhijau dunia.

Ketua Jaringan UI GreenMetric Prof. Riri Fitri Sari di kampus UI Depok, Jumat menuturkan gerakan global yang telah dilakukan UI ini semakin berkembang dan mendapat perhatian lebih dari 800 universitas di dunia.

UI GreenMetric memberikan penghargaan kepada 10 perguruan tinggi terhijau di dunia tahun 2018/2019, di antaranya Wageningen University & Research (Belanda); University of Nottingham (Inggris); University of California Davis (Amerika); University of Oxford (Inggris); Nottingham Trent University (Inggris).

"UI GreenMetric menggunakan metrik pengukuran yang ditetapkan menjadi indikator keberhasilan kepemimpinan di kampus sebagai nilai tambah kampus era pembelajaran berbasis cyber," kata Riri.

Kampus-kampus hijau universitas di Irlandia seperti UCC, Limerick University dan Universitas Universitas terkemuka di Dublin menjadi contoh pengelolaan berbasis karbon yang rendah dan ekonomi sirkular.

Pemberian penghargaan ini bersamaan dengan acara tahunan bertajuk “The 5th International Workshop on UI GreenMetric World University Ranking” yang dihadiri lebih dari 87 pimpinan Universitas sedunia dari 37 negara.

Pertemuan ini diselenggarakan di Eropa, tepatnya di University College Cork, Irlandia pada 14 – 16 April 2019.

Wakil Perdana Menteri Irlandia Simon Coveney hadir membuka dan mengapresiasi gagasan Universitas Indonesia (UI) melalui UI GreenMetric sebagai Gerakan Kepemimpinan Global.

Kepala Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti mengatakan pemeringkatan UI GreenMetric telah menjadi ajang kompetisi yang populer dan prestisius bagi kampus-kampus yang merefleksikan indikator kampus indah, hijau, teratur, ramah lingkungan, terdepan dalam pengelolaan sampah, air, energi, transportasi dan gedung cerdas, serta pendidikan dan riset yang bercirikan konsep pembangunan berkelanjutan.

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

"Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau ini," kata Rifelly.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019