Brussels (ANTARA) - Uni Eropa mendukung penuh kesepakatan nuklir internasional dengan Iran dan menginginkan kekuatan rival menghindari eskalasi lebih lanjut atas isu tersebut, kata Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, Senin.

"Kami akan terus mendukungnya sekuat yang kami bisa dengan segenap instrumen kami dan seluruh kehendak politik kami," kata Mogherini di hadapan wartawan sebelum menggelar rapat dengan menteri luar negeri Inggris, Prancis dan Jerman, yang menandatangani kesepakatan tersebut.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo diperkirakan akan bertemu dengan para pejabat Uni Eropa di Brusel pada Senin guna membicarakan soal Iran.

Mogherini menuturkan mendapat kabar pada malam menjelang kedatangan Pompeo yang mengunjungi Brussels, tempat para menteri luar negeri Uni Eropa mengadakan pertemuan rutin setiap bulan.

"Kami akan berada di sini sepanjang hari dengan agenda yang padat. Jadi nanti siang kami akan melihat bagaimana dan apakah akan mengatur pertemuan atau tidak. Dia selalu disambut, namun belum ada rencana pasti untuk saat ini," ujar Mogherini.

Sumber: Reuters
Baca juga: Uni Eropa mulai blokir dampak sanksi AS terhadap Iran
Baca juga: Sanksi dicabut, Uni Eropa mendekat ke Iran
Baca juga: Berbekal statuta ini Uni Eropa melawan sanksi AS ke Iran

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019