London (ANTARA) - Perdana Menteri Inggris Theresa May pada Jumat mengatakan akan mundur sebagai pimpinan Partai Konservatif.

Pernyataan tersebut memicu persaingan perdana menteri baru yang harus memecahkan kebuntuan atas keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Berikut pernyataan tertulis yang May sampaikan di depan kediaman resminya Downing Street di pusat Kota London.

"Sejak pertama kali saya melangkahkan kaki di pintu belakang saya sebagai perdana menteri, saya telah berupaya menjadikan Inggris sebagai sebuah negara yang tidak hanya bekerja untuk segelintir orang istimewa saja, melainkan untuk semua orang.

"Dan untuk menghormati hasil referendum Uni Eropa. Pada 2016, kami memberi pilihan kepada rakyat Inggris. Berbeda dengan prediksi, rakyat Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa."

"Hari ini saya yakin sama seperti yang saya lakukan tiga tahun lalu bahwa dalam sebuah demokrasi, jika Anda memberikan pilihan kepada rakyat Anda harus menjalankan apa yang mereka putuskan. Saya sudah melakukan yang terbaik untuk itu."

"Saya merundingkan persyaratan Brexit dan hubungan baru dengan tetangga terdekat kami yang melindungi pekerjaan dan 
keamanan kami serta Uni."

"Saya telah melakukan semua semampu saya untuk meyakinkan Anggota Parlemen agar mendukung kesepakatan itu. Sayangnya, saya belum berhasil melakukannya. Saya sudah mencoba sebanyak tiga kali. Saya yakin benar untuk bertahan, bahkan saat peluang untuk sukses semakin kecil."

Sumber: Reuters

Baca juga: Menlu Inggris: May masih sebagai PM saat menyambut Trump pada Juni

Baca juga: PM May akan bahas jadwal pemilihan kepemimpinan di Partai Konservatif

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2019