Ini liburnya agak panjang yang bolos atau yang memang sudah curi start itu sudah kemarin, sudah berangkat. Nah yang disiplin hari ini masih ngantor. Jadi kemungkinan nanti malam ada arus puncak, besok malam
Cilegon, Banten (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Pol Ari Dono Sukmanto memperkirakan puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni pada Sabtu (1/6) malam.

"Ini liburnya agak panjang yang bolos atau yang memang sudah curi start itu sudah kemarin, sudah berangkat. Nah yang disiplin hari ini masih ngantor. Jadi kemungkinan nanti malam ada arus puncak, besok malam," ujar Ari Dono Sukmanto di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat.

Dari laporan Kapolda Banten, tutur Wakapolri, beberapa hari terakhir terdapat peningkatan kendaraan yang melintas, untuk kendaraan roda empat meningkat 56 persen, sementara peningkatan kendaraan roda dua lebih dari 200 persen.

Ari Dono mengatakan jalur Merak-Bakauheni adalah jalur mudik yang sudah dipastikan akan padat sehingga mental pemudik sudah siap apabila menghadapi kemacetan.

Namun, untuk kenyamanan pemudik, pemerintah sudah menyiapkan sejumlah fasilitas seperti tenda agar pemudik dengan roda dua tidak kepanasan, kipas angin dengan selang air dan toilet mobile di ruas-ruas tol sebelum Pelabuhan Merak.

"Saya melihat pelayanan dari pelabuhan dan pemerintah daerah itu cukup signifikan untuk kesiapan fasilitas-fasilitas yang ada," ujar Ari Dono.

Terkait pengamanan, selain 1.700 personel gabungan, alat bantu seperti CCTV sudah dipasang di semua sudut untuk pencegahan tindakan teror serta kejahatan konvensional.

Diharapkannya dengan pemasangan CCTV di berbagai sudut itu, orang yang berniat jahat mengurungkan niatnya untuk tidak melakukan kejahatan.

"Untuk satuan khusus, pasti kami siapkan untuk antisipasi kalau terjadi sesuatu bisa cepat segera bertindak, tetapi insyaAllah tidak ada yang terjadi," ucap Wakapolri.

Baca juga: Polres Magetan imbau pemudik waspadai lima jalur rawan kecelakaan
Baca juga: Kapolri terapkan "body system", lindungi aparat di jalur mudik
Baca juga: Pemudik manfaatkan ruang laktasi di Terminal Kalideres

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019