Tujuan utamanya adalah mencetak sumber daya manusia yang tangguh, terampil dan inovatif
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal (Dirjen) Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Muhammad Dimyati mengatakan perguruan tinggi (PT) harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk berprestasi dalam meneliti dan mengembangkan inovasi untuk berkontribusi meningkatkan peringkat dalam world class university (WCU).

Dimyati mengatakan peringkat dalam universitas kelas dunia (world class university) bukan tujuan utama tapi tujuan ikutan.

"Tujuan utamanya adalah mencetak sumber daya manusia yang tangguh, terampil dan inovatif," kata Dimyati saat dihubungi Antara, Jakarta, Rabu.

Untuk itu, harus didorong melalui sumber daya manusianya yang berprestasi dalam meneliti dan mengabdi kepada masyarakat, yang dapat diukur antara lain dengan publikasi berkualitas yang juga digunakan sebagai referensi atau sitasi dalam pengembangan invensi dan inovasi, serta menghasilkan kekayaan intelektual yang produktif dan relevan dalam memecahkan masalah bangsa dan meningkatkan daya saingnya.

Selain itu, produk-produk tersebut dapat menjadi sumber pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dapat dihilirkan atau diproduksi oleh badan usaha sehingga kemanfaatannya lebih terasa dan signifikan bagi masyarakat.

Secara pragmatis, Dimyati mengatakan harus mengupayakan agar kriteria-kriteria untuk mencapai peringkat dalam world class university yang lebih baik seperti dalam jumlah dan kualitas publikasi serta sitasi.

Begitu juga perlu ada peningkatan kualitas internasionalisasi di kampus yang antara lain diukur dengan jumlah mahasiswa dan dosen asing serta kerjasamanya.

Yang tidak kalah penting juga adalah meningkatkan kualitas kelembagaan kampus yang diukur dengan jumlah dan kualitas dosen serta perangkatnya.

Lebih dari itu, kualitas pembelajaran di perguruan tinggi juga harus terus ditingkatkan dengan serius sehingga menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dan berprestasi, yang mana hasil karya, inovasi, invensi, penelitian mereka akan berkontribusi pada peningkatan peringkat universitas yang ada di Indonesia dalam world class university.

 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019