Kami akan melakukan pemantauan terhadap gunung tersebut guna mengantisipasi kebakaran terjadi kembali
Waisai (ANTARA) - Masyarakat dengan segera memadamkan kebakaran Gunung Botak di kawasan wisata Piaynemo, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Sabtu.

Oleh karena kesigapan masyarakat menangani kejadian tersebut, kebakaran gunung yang berumput hijau itu tidak berlangsung lama, sedangkan aktivitas kepariwisataan di kawasan tersebut tetap berlangsung dengan normal.

Yusuf, warga Kepulauan Pam Kabupaten Raja Ampat yang ikut memadamkan api, mengatakan belum diketahui secara pasti mengenai penyebab kebakaran Gunung Botak di kawasan wisata itu.

Namun, ujar dia, ketika itu tipuan angin cukup kencang di kawasan setempat.

Dia mengatakan bahwa kebakaran Gunung Botak di kawasan Piaynemo tidak begitu luas karena saat api dan asap terlihat masyarakat setempat, mereka langsung naik ke gunung guna memadam api.

"Kami akan melakukan pemantauan terhadap gunung tersebut guna mengantisipasi kebakaran terjadi kembali," ujar dia.

Kawasan Piaynemo adalah salah satu daerah tujuan wisata di Kepulauan Fam Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat yang terlihat indah dan ramai dikunjungi para wisatawan.

Masyarakat setempat, kata dia, menjaga kelestarian alam dan keindahan destinasi wisata tersebut agar kegiatan wisata di daerah itu terus berkelanjutan pada masa mendatang.
 

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019