Palembang (ANTARA) - Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, telah memfasilitasi pemberangkatan 8.509 calon haji asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung sejak kelompok terbang pertama 7 Juli 2019 hingga kloter  19 yang terakhir hari ini (Kamis, 25/7).

"Berdasarkan data pelayanan dokumen keimigrasian calon haji gelombang pertama 7-19 Juli dan gelombang kedua pada 20-25 Juli tercatat 8.256 calon haji asal Sumsel dan 1.248 calon haji asal Bangka Belitung telah difasilitasi keberangkatannya ke Arab Saudi," kata Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Palembang Triman di Palembang, Kamis malam.

Khusus kloter 19 atau kloter terakhir embarkasi haji Palembang, pihaknya telah melakukan pelayanan dan pemeriksaan dokumen keimigrasian dengan baik kepada 442 calon haji dengan perincian 185 laki-laki dan 257 perempuan yang semuanya berasal dari Bumi Sriwijaya.

Berdasarkan evaluasi pelayanan keimigrasian di Embarkasi Haji Palembang, tidak ada masalah dokumen keimigrasian calon haji yang bisa menghambat perjalanan ibadah di Tanah Suci Mekkah dan Madinah.
Baca juga: Tim pelayanan embarkasi haji disiapkan Imigrasi Palembang

Untuk mendukung kelancaran pemberangkatan calon haji pada tahun ini, Kantor Imigrasi Palembang menurunkan puluhan petugas melayani pemeriksaan dokumen keimigrasian jamaah.

Pemberangkatan jamaah asal Sumsel dan Bangka Belitung dilakukan dua gelombang yakni gelombang pertama 7-19 Juli 2019 dan gelombang kedua pada 20-25 Juli.

Pemberangkatan jamaah gelombang pertama melalui Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang menggunakan pesawat maskapai penerbangan Saudi Arabian Airlines mendarat di Bandar Udara Internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz (MED) Madnah, Arab Saudi.

Sedangkan untuk gelombang kedua calon haji berangkat dari embarkasi Palembang mendarat di Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz Jeddah (JED).

Setelah memfasilitasi pemberangkatan, pihaknya segera melakukan berbagai persiapan penyambutan kedatangan jamaah haji kloter pertama gelombang satu yang dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 17 Agustus 2019.

Sedangkan yang berangkat pada beberapa kloter terakhir gelombang kedua dijadwalkan tiba di Palembang pada 30 Agustus 2019 pukul 21.45 WIB.

Pelepasan calon haji kloter pertama dilakukan Gubernur Sumsel Herman Deru, Kapolda Irjen Pol Firli, sejumlah anggota dewan dan unsur muspida lainnya.

Sementara pelepasan 442 calon haji kloter 19 atau kloter terakhir dilakukan Kakanwil Kementerian Agama Sumsel yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang, Al-Fajri Zabidi.
Baca juga: Mayoritas JCH Palembang dan Musirawas Kloter dua resiko tinggi
Baca juga: JCH Jambi kloter 18 diberangkatkan dari Palembang

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019