Medan (ANTARA) - Ketua Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan H Iwan Zulhami mengatakan seorang lagi calon haji asal Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Rahamat Noyan Nasution bin Noyan Nasution (64) meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi.

"Calon haji itu tergabung pada Kelompok Terbang 06 Embarkasi Medan dengan nomor manifes 151, nomor porsi 200118948, asal  Desa Bonan Dolok, Kecamatan Sosa, Kabupatn Padang Lawas," kata Iwan usai pemberangkatan 389 orang calon haji asal Labuhan Batu Selatan Kloter 15 di Asrama Haji Medan, Sabtu.

Baca juga: Seorang calon haji lansia asal Sumut berangkat ke Mekkah

Baca juga: Jamaah calon haji Labusel diminta jaga kekompakan di Mekkah


Menurut dia, calon haji tersebut meninggal di Madinah, Kamis (25/7) sekitar pukul 04.00 waktu setempat, karena sesak napas.

"Selanjutnya,  caoin haji tersebut disalatkan di Masjid Nabawi dan dimakamkan di pemakaman Baqi ," ujar Iwan yang juga Kakanwil Kemenag Sumut.

Sebelumnya, seorang calon haji asal Kabupaten Mandaling Natal atas nama Muhammad Rum Batubara bin Rasim Batubara (65) yang tergabung pada Kloter 05 Embarkasi Medan, meninggal di Hotel As-Sholihiah Adzahabi Madinah, Minggu (21/7) sekitar pukul 18.30 waktu setempat.

Muhammad Rum Batubara dengan nomor manifes 201 dan nomor paspor C314665, asal Desa Lumban Dolok, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal, itu meninggal karena sakit jantung dan telah dimakamkan di pemakaman Baqi pada Senin (22/7).

Sebanyak 389 orang calon haji Kloter 15 Embarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara, berangkat ke Mekkah melalui Bandara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu sekitar  pukul 21.00 WIB.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Sumut H Iwan Zulhami.
Data di Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan,  tercatat 8.641 orang  dari Sumut berangkat ke tanah suci pada musim haji 2019.

Baca juga: Calon haji Serdang Bedagai ke Mekkah dari dana pensiunan


 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019