Petugas pemeriksa hewan kurban Tanah Datar datangi masjid dan pasar

Petugas pemeriksa hewan kurban Tanah Datar datangi masjid dan pasar

Arsip Foto. Dokter hewan memeriksa kesehatan sapi untuk kurban. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Batusangkar, Sumatera Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengerahkan 40 petugas untuk mendatangi masjid hingga pasar-pasar ternak guna memeriksa kesehatan hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.

"Ada tim medis khusus dari dokter hewan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban dan memastikan bahwa daging kurban itu benar-benar aman dikonsumsi masyarakat," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tanah Datar Varia Warvis di Batusangkar, Selasa.

Tim petugas yang meliputi sembilan dokter hewan dan 31 mantri hewan atau petugas peternakan terlatih akan melakukan pemeriksaan hewan kurban di tempat-tempat penampungan hewan kurban, peternakan, dan tempat penjualan hewan kurban sampai sehari menjelang Idul Adha.

"Kami sangat mengharapkan informasi serta permintaan dari panitia dan penyedia hewan kurban untuk dilakukan pemeriksaan terhadap hewan kurbannya," kata Varia.

Ia mengatakan, pemeriksaan setiap tahun melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha dalam upaya memastikan kesehatan dan keamanan daging hewan kurban.

Pengawasan hewan kurban, ia melanjutkan, juga mencakup pemeriksaan dokumen ternak yang antara lain memuat informasi mengenai asal hewan ternak.

Pemeriksaan dilakukan setiap Kamis di daerah pintu masuk ke wilayah Tanah Datar seperti Kubu Karambia, Ombilin, Padang Panjang, Setangkai, Tanjung Bonai, Salimpaung, dan Kecamatan Tanjung Baru bekerja sama dengan pihak kepolisian.

"Kalau ada pengendara yang membawa ternak akan dilakukan penyemprotan. Tujuannya untuk antisipasi penyakit hewan seperti antraks dan brucella serta memeriksa dokumen administrasi hewan tersebut," ujarnya.

Baca juga:
Dinas Pertanian Mataram beri stempel hewan kurban sehat
65 mahasiswa FKH IPB bantu pemeriksaan hewan kurban di Depok
Pewarta : Syahrul Rahmat
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019