Karya BJ Habibie berperan dalam membuka isolasi wilayah NTT

Karya BJ Habibie berperan dalam membuka isolasi wilayah NTT

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius A Jelamu. (Foto : Antara/ Benny Jahang)

Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan pesawat terbang hasil karya BJ Habibie memiliki peran yang besar dalam membuka keterisolasian transportasi udara di wilayah provinsi berbasis kepulauan ini.

"Pemerintah dan rakyat NTT berterima kasih terhadap bapak BJ Habibie karena melalui karya beliau dengan adanya pesawat terbang CN-235 atau sejenis ATR yang beroperasi di NTT telah mampu membuka isolasi wilayah ini," kata Viktor Bungtilu Laiskodat melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT, Marius A Jelamu di Kupang, Kamis.

Baca juga: Habibie pelopor teknologi kedirgantaraan Indonesia

Ia menambahkan, karya besar dilakukan Presiden ketiga RI, BJ Habibie dirasakan warga NTT dengan beroperasinya pesawat ATR Wing Air yang merupakan karya hebat dilakukan BJ Habibie.

Menurutnya, karya besar bidang kedirgantaraanya dilakukan BJ Habibie sehingga isolasi wilayah NTT yang selama ini sangat terbatas dengan transportasi udaranya mulai terbuka.

"Penerbangan dari Kupang menuju berbagai daerah di NTT saat ini semakin lancar dengan menggunakan pesawat ATR wing air yang merupakan hasil karya bapak BJ Habibie," kata Viktor Bungtilu Laiskodat.

Baca juga: Karya BJ Habibie warnai perjalanan transportasi Indonesia

Selain itu, kata dia BJ Habibie juga memiliki jasa dalam pembangunan euronetika internasional karena tidak hanya mampu membuat pesawat udara sejenis CN-235 tetapi juga mampu menghasilkan pesawat udara untuk kepentingan militer maupun sipil di sejumlah negara eropa.

"Bapak BJ Habibie memiliki andil yang besar dalam mendesaian pesawat-pesawat udara yang dioperasikan di sejumlah negara baik untuk sipil maupun pesawat militer. Jadi karya dari mantan Presiden ketiga RI ini sangat luar biasa dalam pembangunan ilmu pengetahuan kedirgantaraan," tegasnya.

Ia juga menambahkan kemampuan secara intelektual yang diakui secara internasional BJ Habibie telah berperan penting dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

"Beliau hebat secara intelektual tetapi juga hebat secara rohani. Tidak semua ilmuwan besar dunia memiliki perpaduan yang hebat seperti dimiliki BJ Habibie," tegas Viktor Bungtilu Laiskodat.

Baca juga: Pemda NTT berduka atas meninggalnya BJ Habibie
Pewarta : Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019