Parepare (ANTARA) - Warga Kota Parepare menjadikan sosok Presiden ke tiga RI Burhanuddin Jusuf Habibie sebagai tokoh panutan yang layak dicontoh bagi generasi penerus bangsa.

"Beliau dikenal orang yang berilmu namun hidup bersahaja dan tidak sombong. Setiap ke Parepare selalu menyempatkan diri mengunjungi eks rumahnya dan menyapa warga di sekitarnya," kenang salah seorang tokoh masyarakat Parepare H Bustaman Salim di sela kunjungannya di Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun, Papepare, Sulsel, Kamis.

Dia mengatakan, kecintaannya kepada masyarakat di tanah kelahirannya ini dibuktikan dengan membantu Pemkot Parepare mendirikan Institut Teknologi Habibie (ITH) di Parepare.

Baca juga: Karangan bunga penuhi monumen Habibie-Ainun di Pare-pare
Baca juga: Warga Bandarlampung ikut berduka cita atas wafatnya Habibie


Menurut dia, meski gedung ITH masih dalam tahap renovasi namun kader-kadernya sudah mulai dibina dengan memanfaatkan ruangan di lantai atas.

"Semoga ke depan, lahir Habibie Habibie baru," ujarnya.

Hal senada dikemukakan Kepala Sekolah UPT SMK Negeri 3 Parepare Andi Raihana di monumen tersebut.

Menurut dia, sosok Habibie yang lahir di Kota Parepare  sangat dikagumi dan menjadi panutan karena keilmuan dan pribadinya yang tidak sombong.

"Beliau selalu ramah dan bersahaja, semua orang disapa kalau berkunjung ke Parepare," katanya.

Selain siswa dari berbagai sekolah datang ke monumen itu, juga mahasiswa di sekitar Parepare datang menyampaikan duka cita dan berdoa bersama.

Salah seorang di antaranya Uun Ulandari mahasiswa dari IAIN Parepare.

Dia mengatakan, generasi muda harus memanfaatkan waktunya sebaik mungkin menimba ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan bangsa dan negara seperti Habibie.

"Melalui kegigihan seperti yang dilakukan Pak Habibie, akan lahir banyak Habibie yang juga dikenal juga sebagai tokoh demokrasi," katanya.

Banyaknya kunjungan ke monumen Cinta Sejati Habibie Ainun dari pagi hingga sore, juga diiringi dengan bertambahnya karangan bunga dari institusi sekolah, instansi maupun masyarakat umum di lokasi itu.

Sementara di Universitas Parepare dan masjid raya di kota kelahiran Habibie menggelar salat gaib dan doa bersama untuk almarhum.

Baca juga: BJ Habibie wafat - Kadisdik Bali: Habibie sosok visioner
Baca juga: BJ Habibie wafat -Ketua MK pimpin upacara pelepasan jenazah BJ Habibie
Baca juga: BJ Habibie wafat- Warga Tanjungpinang kibarkan bendera setengah tiang
Tokoh masyarakat Parepare H Bustaman Salim (kiri) disela kunjungannya ke monumen Cinta Sejati Habibie Ainun di Lapangan Makkasau, Kota Parepare, Sulsel, Kamis (12/09/2019). ANTARA/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019