Bali (ANTARA) -- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri), bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk (BNI), meluncurkan layanan Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional (ROPILNAS) di acara tahunan Korlantas POLRI yaitu Rapat Kerja Teknis Fungsi Lalulintas Tahun Anggaran (TA) 2019 dengan tema “Polantas Promoter dalam mengimplementasikan Road Safety Policing menuju Indonesia Maju”, yang diselenggarakan di Bali, Rabu (6/11).

ROPILNAS adalah layanan pendaftaran Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan atau plat nomor cantik secara digital.

“Selama ini banyak masyarakat mengeluh kesulitan dalam mendapatkan NRKB pilihan. Namun, berkat kerjasama dengan BNI, kami hari ini meresmikan inovasi baru yaitu kemudahan dalam pembayaran NRKB Pilihan tersebut agar lebih mudah, cepat, akurat, dan informatif," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri di sela-sela acara.

Bagi masyarakat yang menginginkan NRKB pilihan, sangat mudah prosesnya, yaitu cukup datang ke Dealer Mobil (untuk mobil baru) atau kantor pelayanan BPKB (untuk mobil lama). Dengan menggunakan alat atau Kios ROPILNAS yang tersedia ditempat tersebut, pemohon bisa memilih nomor polisi yang dikehendaki sesuai domisili atau Kartu Tanda Penduduk (KTP). Apabila nomor pilihan tersebut belum digunakan atau masih tersedia, pemohon langsung bisa mengisi e-form pada Kios atau Alat ROPILNAS dengan data diri seperti NIK, No HP & Alamat Email, kemudian pemohon akan memperoleh Kode barcode booking nomor polisi dan nomor virtual account BNI untuk kemudian melakukan pembayaran melalui berbagai Cashless Banking channel seperti Mobile Banking, SMS Banking, ATM & Teller, atau Outlet BNI maupun bank lain.

Sementara itu, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati menegaskan, pihaknya siap mendukung segala inovasi Polri dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat.

"Sesuai Komitmen kami, BNI Siap mendukung upaya Korlantas POLRI yang terus melakukan inovasi digital guna meningkatkan layanan lalu lintas bagi masyarakat, sehingga tercapai Road Safety bagi pengguna lalu lintas menuju Indonesia Maju,” ungkapnya.

Susi juga menambahkan bahwa kehadiran ROPILNAS menjadi atas permintaan masyarakat yang begitu mendambakan kemudahan dalam pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Ini merupakan upaya mendukung program dan instruksi Presiden, Kapolri dan Korlantas polri yaitu untuk menghindari korupsi, perampokan, pencurian, dan uang palsu," tambahnya.

BNI sebagai Bank Pemerintah yang selalu melakukan inovasi dan dengan mengusung digitalisasi dalam layanannya siap mendukung program-program digitalisasi Korlantas POLRI guna meningkatkan layanan lalu lintas. BNI juga memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan lalu lintas, seperti program Samsat Online, hingga smart SIM.

Untuk tahap pertama, layanan ROPILNAS sudah berjalan di lima Kepolisian Daerah (Polda), yakni Jawa Tengah, Sumatera Utara, Lampung, Riau, dan Banten. Selanjutnya akan berjalan juga pada tahap dua di tahun selanjutnya pada 14 Polda dan tahap tiga di 15 Polda.


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019