Bupati Gorontalo minta Dana Desa digunakan untuk rakyat

Bupati Gorontalo minta Dana Desa digunakan untuk rakyat

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo. ANTARA/Adiwinata Solihin

Gorontalo (ANTARA) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengingatkan kepada seluruh kepala desa agar menggunakan Dana Desa untuk kepentingan warga masing-masing.

"Saya meminta agar kepala desa mengelola Dana Desa dengan baik dan benar sehingga pembangunan berjalan lancar tanpa hambatan dan imbasnya demi kesejahteraan masyarakat itu sendiri," ujar dia saat mengunjungi Desa Bina Jaya dan Desa Suka Makmur Utara di Gorontalo, Senin.

Ia menegaskan bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo kepada desa untuk digunakan dengan benar.

"Baik itu bantuan bidang pertanian, kesehatan, dan lain sebagainya, dan saya memberikan apresiasi kepada kedua desa ini yang sudah memiliki gedung serba guna," kata dia.

Baca juga: Menkeu: Realisasi transfer ke daerah dan dana desa capai 81,9 persen

Ia juga berpesan kepada pemerintah desa terkait dengan pemanfaatan berbagai bantuan itu agar bisa optimal dan tidak menyalahi aturan.

"Pemerintah desa dan masyarakat harus menjaga dan merawatnya. Kepada masyarakat, diharapkan juga bisa menggunakan gedung ini jika ada kegiatan hajatan-hajatan besar," kata Nelson.

Ia menjelaskan kunjungannya ke desa melalui Program Gema Masyarakat Nyata Dalam Pembangunan itu untuk mendengarkan secara langsung berbagai aspirasi masyarakat dan mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

"Ini dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan ke masyarakat sehingga apa-apa saja yang menjadi penyampaian masyarakat maupun pemerintah di tingkat desa akan dirumuskan bersama di tingkat Kabupaten untuk ditindaklanjuti," kata dia.

Baca juga: BPK sebut Dana Desa jadi salah satu fokus pemeriksaan pada 2020-2024
Baca juga: Polda Sulawesi Tenggara dalami dugaan desa fiktif terima dana pusat
Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019