baksos ini, merajut kebhinekaan membangun kebersamaan
Solo (ANTARA) - Polri menggelar bakti sosial dengan membagikan ribuan paket sembako kepada masyarakat yang digelar di gedung Graha Sabha Sumber Banjarsari Solo, Kamis.

Pada acara baksos yang digelar jajaran Polri tersebut dihadiri Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Firli Bahuri, Kepala Koordinator Pembinaan Masyarakat (Kakorbinmas) Polri Irjen Pol Herry Wibowo, Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI M. Effendi, dan ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo.

Selain membagikan paket sembako kepada warga yang kurang beruntung di Solo, Polri juga menggelar pengobatan umum dan gigi gratis, santunan kepada anak yatim piatu, serta donor darah.

Baca juga: Korem 172/PWY dukung pelaksanaan baksos TNI/Polri di perbatasan
Baca juga: Dinkes dan TNI/Polri gelar pelayanan gratis pascademo rusuh


Kepala Baharkam Polri Komjen Pol Firli Bahuri mengatakan bakti sosial tersebut digelar dalam rangka mewujudkan percepatan Indonesia sehat dan maju.

"Baksos ini, merajut kebhinekaan membangun kebersamaan guna mewujudkan Indonesia sehat dengan pengobatan umum, pemeriksaan gigi, bantuan sembako, santunan anak yatim piatu, dan donor darah," katanya.

Menurut dia, kegiatan baksos tersebut salah satu mendukung program pemerintah, antara lain membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan sehat.

Menurut dia, kalimat sumber daya tersebut salah satunya soal kesehatan. Baksos semacam ini, bukan hanya dilakukan di satu daerah saja, tetapi juga di wilayah lainnya di Indonesia.

"Kami ke depan akan melakukan kegiatan baksos di Jawa Timur, tepatnya di wilayah Madura, dan di Atambua Nusa Tenggara Timur (NTT)," katanya.

Baca juga: Warga PNG ikut berobat di bakti sosial TNI-Polri di perbatasan
Baca juga: Polri gelar pengobatan gratis untuk 1000 kaum duafa di Kalideres


Sebanyak 2.000 paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat di Solo, antara lain berisi 5 kg beras premium, 2 liter minyak goreng, dan 1 dos mie instan. setiap warga juga diberikan satu dos snack dan air mineral.

Bahkan, warga yang memanfaatkan kegiatan pengobatan gratis oleh dokter kesehatan Polri juga melakukan antrean cukup banyak. 

Sukarto (55) salah satu warga Solo yang menerima paket sembako mengaku menyambut senang dan pembagian paket itu, dapat mengurangi beban keluarganya.

"Saya mendapatkan paket sembako ini, dengan menyerahkan kupon yang telah dibagikan sebelumnya," kata Sukarto. 

Baca juga: Bakti sosial di Kampung Aroanop-Papua digelar TNI-Polri
Baca juga: Polri gelar bakti sosial di Rusun Marunda

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019