IFRC serahkan bantuan 11 truk untuk perkuat aksi kemanusiaan PMI

IFRC serahkan bantuan 11 truk untuk perkuat aksi kemanusiaan PMI

Penyerahan bantuan secara simbolis 10 truk tangki air bersih dan satu truk barang dari IFRC yang diterima langsung Ketua Umum PMI Jusuf Kalla di Mabes PMI Pusat di Jakarta. ANTARA/HO Humas PMI Pusat/am.

DKI Jakarta (ANTARA) - The International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) menyerahkan bantuan 10 unit truk tangki air dan satu truk barang kepada Palang Merah Indonesia (PMI) untuk memperkuat kinerja aksi kemanusiaan di berbagai daerah khususnya yang dilanda bencana.

"Kami sangat mengapresiasi IFRC atas bantuan yang diberikan ini. Air merupakan hal mendasar yang dibutuhkan masyarakat jika terjadi bencana, karena itu bantuan air bersih selalu menjadi prioritas PMI," kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla di Markas Besar PMI di Jakarta.

Bantuan truk tangki air dan barang jelas menjadi penting ketika PMI harus mendistribusikan bantuan kepada masyarakat terdampak. Bantuan ini jelas menambah kekuatan armada operasional PMI yang dimobilisasi di setiap kejadian bencana.

Baca juga: PMI dan BSM Turki salurkan alat tangkap ikan untuk korban tsunami Palu

Kepala IFRC Perwakilan Indonesia-Timor Leste dan Perwakilan ASEAN Jan Gelfand menambahkan PMI merupakan organisasi kemanusiaan terbesar di Indonesia yang didukung oleh banyak relawan yang selalu siap bekerja dan berdedikasi dalam memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana, sehingga pihaknya selalu mendukung penuh PMI.

Seringkali di saat kedaruratan bencana dan pada masa pemulihan setelah bencana, masyarakat terdampak kesulitan mendapatkan akses air bersih padahal sangat penting untuk sanitasi dan juga konsumsi.

Pihaknya mengetahui komitmen PMI membantu kemanusiaan juga tinggi, bahkan selalu bergerak mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan. Diharapkan bantuan truk barang juga semakin mempermudah PMI dalam mendistribusikan bantuan kemanusiaannya.

PMI dan IFRC merupakan bagian dari Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dan telah lama bekerjasama di bidang tanggap darurat dan kesiapsiagaan bencana.

Baca juga: PMI latih korban banjir Lebak membuat keset dari pakaian bekas

Dalam periode satu tahun ini, kedua organisasi telah bekerjasama dalam bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), gempa bumi, likuifaksi dan tsunami di Sulawesi Tengah, tsunami di Selat Sunda (Banten dan Lampung) hingga gempa bumi di Ambon dalam memberikan bantuan kepada korban.

Di 2018 hingga 2019 IFRC telah mendukung PMI dalam memberikan bantuan distribusi air hingga 37.617.383 liter di wilayah terdampak bencana tersebut. PMI sendiri hingga saat ini telah memiliki 110 truk tangki air dari 200 tangki air yang dibutuhkan.

Selain memberikan bantuan akses air bersih kepada masyarakat terdampak bencana, IFRC dan PMI juga telah membantu ratusan ribu korban untuk mendapatkan bantuan yang sangat dibutuhkan di saat bencana.

Adapun bantuan itu seperti alat rumah tangga yang penting, bantuan non tunai, dan layanan kesehatan. Termasuk dukungan pemulihan dini dan langkah-langkah mitigasi bencana terhadap bahaya dan resiko tertentu.

Bantuan kendaraan operasional ini diterima langsung oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla melalui Kepala IFRC Perwakilan Indonesia-Timor Leste dan Perwakilan ASEAN Jan Gelfand di Mabes PMI di Jakarta.

Baca juga: USAID-PMI tinjau program kesiapsiagaan gempa bumi di Sukabumi

Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020