Tim kedaruratan kesehatan masyarakat yang telah dibentuk akan siap siaga dalam mengantisipasi virus corona,
Tarutung, Sumut (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, Alexander Gultom mengemukakan bahwa tim kedaruratan kesehatan masyarakat (kesmas) disiagakan untuk mengantisipasi virus corona atau 2019-nCoV, yang dalam satu bulan terakhir menjadi momok menakutkan.

"Tim kedaruratan kesehatan masyarakat yang telah dibentuk akan siap siaga dalam mengantisipasi virus corona," katanya di Tarutung, Ibu Kota Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Selasa.

Tim kedaruratan kesmas itu terdiri atas personel lintas institusi, yakni Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Kodim 0210, AP2, Polres, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan, dan sejumlah institusi lainnya akan siap siaga dalam menyikapi virus corona.

"Besok, kita akan menggelar rapat tim untuk membahas langkah kesiapsiagaan tersebut," ujarnya.

Dikatakannya bahwa sejak pekan lalu, pihaknya juga telah menyurati seluruh pimpinan puskesmas di wilayah Taput agar menyiagakan personelnya, serta mengimbau masyarakat agar tidak panik dalam menyikapi kejadian tersebut.

"Untuk memperkuat imunitas diri, terapkanlah pola hidup bersih sehat, serta mengomsumsi makanan sehat dan bergizi. Jika menderita batuk dan pilek segeralah mendatangi Puskesmas terdekat," katanya.

Seluruh puskesmas juga telah disurati agar siap siaga dalam menangani pasien "suspect" virus corona, apabila ditemukan di tengah masyarakat, demikian Alexander Gultom.

Baca juga: Pemrov Sumut masih data warganya yang berada di Wuhan

Baca juga: Menkes: Tidak semua yang datang dari Tiongkok membawa virus corona

Baca juga: BNPB kirim 10.000 masker N95 untuk WNI di China

Pewarta: Juraidi dan Rinto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020