Humas: Empat warga Kabupaten Pesisir Selatan-Sumbar positif COVID-19

Humas: Empat warga Kabupaten Pesisir Selatan-Sumbar positif COVID-19

Bupati Pesisir Selatan, Sumbar Hendrajoni (dua dari kanan) di sela-sela penyemprotan disinfektan sebagai upaya meminimalkan penyebaran virus Corona jenis baru atau COVID-19 di daerah setempat. ANTARA/HO-Humas Pemkab Pesisir Selatan/am.

Painan, Sumbar (ANTARA) - Empat warga Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat positif terinfeksi virus Corona jenis baru atau COVID-19, setelah sebelumnya hanya dua warga setempat yang dinyatakan positif, kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan Rinaldi.

"Pasien ketiga dan keempat sebelumnya pernah kontak dengan pasien kasus pertama yang positif COVID-19," katanya di Painan, Ibu Kota Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu.

Saat ini, kata dia, kedua pasien itu dirawat di RSUD M Zein Painan. Keduanya sebelumnya tidak menunjukkan gejala atau orang tanpa gejala (OTG) COVID-19.

Menindaklanjuti hal tersebut, katanya, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di daerah setempat telah menelusuri warga yang pernah kontak dengan pasien ketiga dan keempat itu.

"Penelusuran merupakan bagian dari upaya pemutusan mata rantai penyebaran virus dan warga yang pernah kontak akan diisolasi baik di gedung yang disiapkan pemerintah atau secara mandiri di rumahnya masing-masing dengan pengawasan tenaga medis," katanya.

Sementara pasien pertama dan kedua yang lebih awal dinyatakan positif COVID-19 masih dalam perawatan di RSUP M Jamil Padang dan keadaan keduanya mulai membaik.

"Dari hari ke hari kesehatan kedua pasien mulai membaik, dan satu di antaranya sudah aktif berkomunikasi via gawai," katanya

Hingga Rabu ini, katanya,  pelaku perjalanan dari daerah terjangkit COVID-19 yang masuk ke daerah setempat mencapai sebanyak 3.446 orang, orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 173 orang, dan pasien dalam pengawasan (PDP) nihil.

Hingga hari ini pihaknya juga mencatat bahwa jumlah pelaku perjalanan yang telah melewati masa pemantauan berjumlah 612 orang, sementara ODP berjumlah 86 orang dan semuanya dinyatakan negatif terpapar COVID-19, demikian Rinaldi.

Baca juga: 19 ribu orang masuk Sumbar empat hari terakhir

Baca juga: Sosialisasikan COVID-19, kepala kampung malah dianiaya

Baca juga: Dua pasien positif COVID-19 di Padang pernah ke Jakarta, sebut Dinkes

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Sumbar bertambah jadi 9 orang
Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020