Tanoto Foundation luncurkan panduan pendampingan anak di rumah

Tanoto Foundation luncurkan panduan pendampingan anak di rumah

Ilustrasi - Seorang siswi sedang melakukan pembelajaran daring di rumah selama masa pandemi COVID-19. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi/am.

Jakarta (ANTARA) - Tanoto Foundation meluncurkan panduan bagi orang tua dalam mendampingi anak selama proses belajar di rumah dengan teknik "MIKIR".

"Panduan ini dikembangkan untuk memberikan inspirasi kepada para orang tua saat mendampingi anaknya belajar dari rumah," ujar Direktur Program Pintar Tanoto Foundation, M Ari Widowati dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Panduan itu memberikan ide dan cara yang efektif bagi orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dengan teknik MIKIR. MIKIR merupakan kepanjangan dari M (membuat jadwal) dan aturan bersama, I (ide kegiatan), K (komunikasi positif), I (ingatkan waktu dan introspeksi), serta R (refleksi dan relasi).

Baca juga: Belajar daring di tengah balada corona

Orang tua dapat membantu anak membuat jadwal, namun bukan berarti membuatkan jadwal untuk anak. Orang tua memberikan kesempatan anak untuk membuat jadwal mereka sendiri. Hal itu membantu anak bertanggung jawab terhadap semua rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari berjalan.

Untuk kegiatan, orang tua dapat membantu anak dengan menyebutkan beberapa hal yang bisa dilakukan selain mengerjakan tugas dari sekolah. "Orang tua juga dapat menanyakan pada anak, apa yang bisa dibantu. Bantulah anak untuk memahami apa yang harus dikerjakan," ucapnya.

Baca juga: Kiat bagi orang tua buat anak betah belajar saat #dirumahaja

Orang tua juga perlu mengingatkan jadwal kegiatan dan waktu yang akan, sedang, dan telah digunakan anak. Orang tua juga perlu mengingat bahwa mereka bukan orang yang serba tahu segalanya. Banyak cara yang bisa dilakukan jika orang tua tidak tahu, seperti menanyakan pada anak yang lain, lihat internet, dan menanyakan pada guru kelas.

Selanjutnya, bantu anak untuk melakukan refleksi tentang apa yang sudah dikerjakan pada hari itu. Refleksi dapat dilakukan dengan anak dalam aktivitas santai, seperti sambil mengobrol di ruang keluarga, menjelang tidur atau saat makan malam.

Ari menjelaskan mendampingi anak belajar, yang mana pada saat bersamaan orang tua juga bekerja dari rumah bukan lah hal yang mudah. "Kami berharap dengan adanya buku panduan tersebut dapat membantu para orang tua," ujarnya.

Panduan tersebut dapat diunduh pada tautan bit.ly/Panduan_Orangtua_Dampingi_Siswa_Belajar_dari_Rumah.

Baca juga: Tanoto Foundation datangkan 100.000 APD untuk tim medis Indonesia

Baca juga: Tanoto Foundation dan UNICEF luncurkan metode pengukuran status tumbuh kembang anak
Pewarta : Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020