Pemkab Badung raih Penghargaan Natamukti

Pemkab Badung raih Penghargaan Natamukti

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung I Made Widiana. ANTARA/Naufal Fikri

Badung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, berhasil meraih penghargaan berupa Piala Natamukti dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia bersama Kementerian Koperasi dan UKM terkait keberhasilan dalam mendorong keberlangsungan UMKM di wilayahnya.

"Badung setelah melalui proses pemilihan oleh panel juri yang terdiri dari tim ICSB Indonesia dan telah dilaporkan ke Sekretariat Kementerian KUKM dan tim, akhirnya terpilih sebagai ICSB Indonesia City Award 2020 untuk kategori Natamukti yang penghargaannya telah kami terima beberapa waktu yang lalu," ujar Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung I Made Widiana di Mangupura, Senin.

Ia mengatakan, penghargaan tersebut dibagi menjadi tiga kategori yaitu Penghargaan Natamukti, Natamukti Ganapravara dan Natamukti Nindya. Penghargaan Piala Natamukti merupakan sebuah penghargaan kepada kota atau kabupaten yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di wilayahnya masing-masing.

Sedangkan penghargaan Natamukti Ganapravara diberikan kepada kota atau kabupaten yang berhasil mempertahankan Piala Natamukti yang telah diraihnya tahun lalu dan Natamukti Nindya diberikan kepada kota atau kabupaten yang berhasil menaikkan daya saing UKM ke tingkat regional bahkan internasional.

Baca juga: Badung raih penghargaan Anugerah LHKPN terbaik nasional dari KPK
Baca juga: TPID Kabupaten Badung raih penghargaan TPID Berprestasi Jawa-Bali

ICSB merupakan organisasi nirlaba internasional didirikan pada tahun 1955 yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil dan menengah di seluruh dunia, dimana organisasi ini mempertemukan para akademisi, peneliti, pembuat kebijakan dan praktisi dari seluruh belahan dunia.

Dengan keberhasilan Pemkab Badung dalam meraih penghargaan tersebut, Made Widiana menjelaskan, pihaknya akan terus berupaya untuk mendorong UMKM berkreasi dan berinovasi sehingga mempunyai daya saing yang kuat, terlebih dalam situasi pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini.

Hal tersebut menurutnya juga sesuai dengan salah satu misi dari pemerintahan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Wabup I Ketut Suiasa yang sudah dituangkan dalam RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Badung tahun 2016-2021 yaitu Memperkuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai pilar ekonomi kerakyatan.

"Mudah-mudahan melalui penghargaan ini sebagai motivasi bagi kami dalam mendukung dan merealisasikan program-program Pemkab Badung khususnya dalam memberikan perhatian dan mengembangkan UMKM di wilayah kami," katanya.

Baca juga: Kampung KB Dalung raih Pakarti Madya III Nasional
Baca juga: ANRI berikan penghargaan kearsipan untuk Kabupaten Badung-Bali

 
Pewarta : Naufal Fikri Yusuf
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020