Jakarta (ANTARA) -- Masalah anemia tidak boleh dianggap sepele, kondisi ini terjadi ketika sel darah merah di dalam tubuh berkurang. Sel darah merah sendiri memiliki peranan yang cukup vital, yakni menjaga agdan mensuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan sel di dalam tubuh agar metabolisme menjadi maksimal.

Ketika jumlah sel merah dalam tubuh berkurang, maka kamu akan berisiko mengalami masalah anemia. Umumnya, ditandai dengan beberapa gejala, seperti gampang kelelahan dan selalu terlihat lemas, kulit terlihat pucat, bahkan hingga kesulitan bernapas. Lantas, bagaimana cara mencegah anemia? Simak ulasan berikut selengkapnya.

Cara Mencegah Anemia

Seseorang yang didiagnosis anemia dikarenakan tubuhnya tidak mendapatkan suplai darah yang mengandung yang cukup. Akibatnya, tubuh akan merasa mudah lelah, terasa lelas lemas, bahkan gampang pusing dan sakit kepala.

Setiap jenis anemia memiliki gejala yang bisa melemahkan dan mengganggu aktivitas harian, bahkan bisa menyebabkan komplikasi anemia.

Meski terdapat beberapa pilihan pilihan pengobatan kurang darah, mencegah anemia tentu jauh lebih baik daripada harus mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan anemia yang bisa kamu lakukan.

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi

Tubuh membutuhkan zat besi untuk proses pembentukan hemoglobin. Hemoglobin sendiri merupakan komponen penting dalam sel darah merah yang memungkinkan sel darah mampu mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Karenanya, konsumsi makanan yang mengandung zat besi menjadi salah satu cara mudah mencegah anemia. Misalnya saja seperti daging merah tanpa lemak, sayuran berdaun hijau, telur, dan sebagainya. Setidaknya, orang dewasa membutuhkan zat besi sekitar 26 mg per hari agar terhindar dari masalah anemia.

2. Kurangi mengonsumsi alkohol

Menurut situs Alcohol.org, mengonsumsi minuman beralkohol bisa menurunkan kadar sel darah merah yang ada di sumsum tulang belakang. Hal ini dikarenakan, alkohol menghambat penyerapan nutrisi pada makanan. Nutrisi tersebut adalah asam folat dan vitamin B12. Padahal, keduanya sangat penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Sebab itulah, untuk mencegah anemia sebaiknya hentikan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol.

3. Mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B12 yang melimpah

Cara mencegah anemia selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin B12. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12, misalnya saja seperti hati ampela, telur, daging unggas, kerang laut, dan produk susu lainnya.

Vitamin B12 sendiri merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan DNA, menjaga kesehatan saraf, termasuk berperan penting dalam proses pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Pastikan agar tubuh mendapatkan asupan vitamin B12 setidaknya 2,6 mg setiap hari agar jauh dari anemia.

4. Rutin mengonsumsi bahan makanan kaya asam folat

Tubuh juga sangat membutuhkan asupan asam folat atau vitamin B9. Pasalnya, nutrisi tersebut diperlukan untuk membantu tubuh merangsang pembentukan sel-sel baru. Termasuk diantaranya sel darah merah yang baru agar kinerjanya lebih optimal.

Itulah mengapa, asupan asam folat tak boleh dianggap sepele, karena cukup penting demi mencegah anemia. Kamu bisa memperoleh asam folat dari beberapa jenis makanan, seperti sayuran hijau, jeruk, sereal, kacang polong, nasi, pasta, dan sebagainya.

5. Penuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh

Rutin mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C juga bisa jadi cara mencegah anemia dengan lebih alami. Dalam satu hari, setidaknya orang dewasa membutuhkan asupan vitamin C minimal 75 mg agar sel darah merah hingga fungsi tubuh yang lain tetap optimal.

Selain itu, vitamin C juga turut berperan dalam memaksimalkan penyerapan zat besi. Inilah mengapa seseorang yang mengalami defisiensi vitamin C sangat berisiko mengalami masalah anemia.

Nah, itulah tadi beberapa cara mencegah anemia yang bisa dilakukan dengan mudah. Anemia terjadi karena disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan zat besi. Itulah mengapa, mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang akan membantu mencegah tubuh mengalami anemia. Pastikan untuk selalu memilih makanan sehat bernutrisi seimbang agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Agar terhindar dari anemia, ibu hamil, menyusui, dan lanjut usia juga bisa mengonsumsi suplemen zat besi penambah darah seperti Ferospat dari Pyfa Health. Ferospat adalah suplemen yang mengandung zat besi untuk memenuhi kebutuhan defisiensi zat besi (mencegah anemia), terutama pada ibu hamil dan menyusui, yang dikemas dalam bentuk tablet effervescent. Cek produknya sekarang, ya!

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021