Tim medis NasDem Sulteng beri pelayanan kesehatan gratis di Mamuju

Tim medis NasDem Sulteng beri pelayanan kesehatan gratis di Mamuju

Tim medis DPW NasDem Sulawesi Tengah memberikan pelayanan kesehatan kepada warga penyintas gempa di Mamuju, Kamis. (ANTARA/HO-Dok NasDem Sulteng)

Palu (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) melalui tim medisnya memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada penyintas gempa di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

"Sejumlah kegiatan telah kami lakukan hari ini di daerah terpencil di pegunungan Desa Tadui, Kabupaten Mamuju. Di antaranya, pemeriksaan kesehatan korban, edukasi dan pembagian masker," kata Tim Medis NasDem Sulteng dr Herdiansyah Firman dalam keterangan tertulis DPW NasDem Sulteng, Kamis.

Dokter Herdiansyah menyampaikan bahwa partisipasi dan keinginan masyarakat sangat tinggi dalam berobat dan mengecek kesehatannya.

"Berbagai keluhan kesehatan teridentifikasi, mulai dari keluhan ringan hingga pasien dengan keluhan berat," katanya.

Baca juga: NasDem Sulteng : Puluhan ton logistik sudah diterima penyintas gempa

Bahkan, lanjut Herdiansyah, tim harus mengecek langsung kondisi pasien dengan keluhan berat di rumah-rumah mereka.

"Kami senang, bisa terlibat langsung dalam giat kemanusiaan ini bersama Partai Nasdem. Apa lagi, tim kami menjadi yang pertama menjangkau daerah-daerah terpencil di Mamuju," ungkapnya.

"Pasien dan keluarga penyintas gempa di desa itu sangat senang dengan kehadiran kami. Karena sejak gempa melanda wilayah tersebut, mereka menunggu untuk mendapatkan tindakan pengobatan karena kondisinya yang semakin hari semakin berat," tambahnya.

Ia menambahkan beberapa keluarga pasien disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan lanjutan dengan rujukan ke rumah sakit terdekat.

"Kami siap membantu memfasilitasi proses rujuk, jika keluarga setuju," ujarnya.

Baca juga: NasDem Sulteng bangun posko peduli Majene-Mamuju bantu penyintas gempa

Sebelumnya tim medis NasDem Sulteng juga telah memberikan pelayanan kesehatan kepada 250 kepala keluarga penyintas gempa Mamuju yang mengungsi di kandang ayam di Kelurahan Dayanginna, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju.

"250 kepala keluarga itu mulai mengalami gangguan kesehatan," kata Dokter Herdyansyah.

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 250 kepala keluarga itu, jenis penyakit yang dialami pengungsi antara lain infeksi saluran pernafasan, penyakit kulit seperti gatal-gatal dan bisul, penyakit lambung dan saluran pencernaan, nyeri kepala dan otot, radang sendi.

"Dan ada pun penyakit penyakit kronis yang mulai tidak terkontrol karena ketersediaan layanan kesehatan yang kurang memadai seperti tekanan darah tinggi, asam urat tinggi, dan kolesterol meningkat," kata Dokter Herdyansyah.

Baca juga: NasDem Sulteng kirim logistik lima truk untuk penyintas gempa Sulbar

Tim medis telah memberikan pelayanan dan memberikan obat-obatan kepada penyintas gempa Mamuju secara cuma-cuma, sebagai bentuk kepedulian sosial.
Tim medis DPW NasDem Sulawesi Tengah memberikan pelayanan kesehatan kepada warga penyintas gempa di Mamuju, Kamis. (ANTARA/HO-Dok NasDem Sulteng)
Pewarta : Muhammad Hajiji
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021