Dinsos Papua sebutkan bantuan Kemensos bagi Intan Jaya telah diterima

Dinsos Papua sebutkan bantuan Kemensos bagi Intan Jaya telah diterima

Bantuan makanan anak dari Kemensos RI bagi masyarakat di Intan Jaya. ANTARA/HO-Humas Pemprov Papua.

Jayapura (ANTARA) - Dinas Sosial Provinsi Papua menyebutkan pihaknya telah menerima bantuan dari Kementerian Sosial RI bagi masyarakat yang terdampak konflik Intan Jaya yang telah tiba di Timika, Kabupaten Mimika.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Papua Ribka Haluk di Jayapura, Minggu, mengatakan bantuan tersebut tiba di Timika pada Sabtu (6/3) menggunakan pesawat Garuda dan langsung didistribusikan ke Intan Jaya.

"Bantuan tersebut langsung didistribusikan ke Intan Jaya menggunakan carteran penerbangan swasta setelah tiba di Timika," katanya.

Baca juga: Tokoh Papua : Situasi Intan Jaya kondusif warga kerja bakti

Menurut Ribka, yang dikirim oleh Kementerian Sosial RI adalah barang-barang bantuan bersifat barang persediaan habis pakai.

"Bantuan tersebut berupa makanan, peralatan evakuasi dan peralatan sandang," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk makanan terdiri dari 660 makanan siap saji dengan total Rp50.491.980,- dan makanan anak 420 paket senilai Rp29.925.420,-.

"Kemudian peralatan evakuasi berupa 100 lembar tenda gulung merah senilai Rp26.411.600,- dan 200 lembar matras senilai Rp22.620.000,-," katanya lagi.

Dia menambahkan terakhir adalah peralatan sandang berupa 300 lembar selimut merah senilai Rp42.855.000,- di mana total bantuan secara keseluruhan yakni Rp172.304.000,-.

Sebelumnya, telah terjadi konflik sosial di Kabupaten Intan Jaya yang menyebabkan ratusan warganya mengungsi dari tempat tinggalnya masing-masing.

Baca juga: Situasi kamtibmas di intan Jaya kondusif
Baca juga: Warga Intan Jaya mengungsi di gereja dibantu Freeport 5,3 ton sembako
Baca juga: Wabup Intan Jaya: Roda pemerintahan tetap berjalan meskipun konflik

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021