UNS raih prestasi di "THE Impact Ranking"

UNS raih prestasi di

Rektor UNS Jamal Wiwoho. (ANTARA/Aris Wasita)

Solo (ANTARA) - Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil meraih prestasi di "Times Higher Education (THE) Impact Ranking", yaitu masuk peringkat 201-300 dunia.

"Alhamdulillah UNS berhasil masuk di peringkat 201-300 dunia pada 'THE Impact Ranking' dari 1.115 perguruan tinggi di dunia yang dinilai," kata Rektor UNS Jamal Wiwoho di Solo, Rabu.

Ia mengatakan ini pertama kalinya UNS masuk dalam perangkingan "THE Impact Ranking" dan bisa langsung berada pada posisi 201-300 dunia.

"Hasil ini menunjukkan bahwa UNS berkomitmen tinggi dan berkontribusi dalam pencapaian SDGs (United Nations’ Sustainable Development Goals atau rencana aksi global untuk melindungi lingkungan)," katanya.

Baca juga: Anak usaha Hutama Karya gandeng UNS kembangkan aspal dan beton tol

Baca juga: Ahli: Masyarakat diminta tidak ragu vaksinasi COVID-19 saat berpuasa


Selain itu, dikatakannya, dalam "THE Impact Ranking 2021" ini, UNS menempati peringkat ke-28 dunia untuk kategori SDG ke-4 yaitu terkait dengan "Quality of Education". Untuk SDG ke-4 ini, dikatakannya, UNS merupakan perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki peringkat tertinggi.

"Capaian ini menunjukkan bahwa kontribusi UNS dalam meningkatkan kualitas pendidikan memperoleh apresiasi yang tinggi di tingkat dunia," katanya.

Ia mengatakan pada pemeringkatan tersebut indikator yang digunakan adalah berdasarkan pada aspek research, outreach, dan stewardship.

Sementara itu, "THE" ini adalah lembaga perangkingan yang bereputasi dari Inggris yang paling diakui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahkan, dikatakannya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menggunakan THE dan pemeringkatan lainnya QS World University Rankings sebagai indikator perguruan tinggi berkelas dunia.

"Kami dari UNS akan berkomitmen terus untuk berkarya dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi," katanya.*

Baca juga: Dosen UNS ciptakan alat penghancur limbah domestik

Baca juga: UNS kembali gelar Jawametrik untuk angkat kearifan lokal
Pewarta : Aris Wasita
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021