Polres Rokan Hulu ajak warga berlebaran secara daring

Polres Rokan Hulu ajak warga berlebaran secara daring

Salah satu foto booth di Polsek Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. (ANTARA/HO-Polres Rohul)

Rokan Hulu (ANTARA) - Kepolisian Resor Rokan Hulu, Provinsi Riau mengajak masyarakat berlebaran secara daring dengan menyediakan fasilitas mudik virtual secara gratis.

"Kami memberikan solusi strategis dengan memberikan layanan mudik virtual atau daring secara gratis kepada masyarakat. Ini sejalan dengan kebijakan Satgas COVID-19 terkait larangan mudik tahun ini," kata Kapolres Rokan Hulu AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat di Pasir Pengaraian, Selasa.

Baca juga: Ibu pencuri tiga tandan buah sawit di Rokan Hulu dihukum percobaan

Dalam layanannya, Polres Rokan Hulu akan menyiapkan "booth" berikut jaringan internet gratis di 12 polsek se-Rokan Hulu. Masyarakat nantinya bisa memanfaatkannya agar bisa mudik secara virtual  dengan menghubungi keluarganya masing-masing di kampung halaman.

Baca juga: Akses jalan ke Kota Pasirpangaraian Rokan Hulu lumpuh akibat banjir

Foto booth dan jaringan internet gratis akan disiapkan pada setiap kantor sentra polsek melalui peran Bhabinkamtibmas untuk memfasilitasi warganya berkomunikasi dan bersilaturahmi ke kampung halaman secara daring.

Larangan mudik lebaran Idul Fitri 1442 H pada masa peniadaan mudik telah diterapkan pada tanggal 6 - 17 Mei 2021. Meski begitu, masyarakat tidak perlu khawatir karena pelayanan lebaran "online" telah disajikan melalui pelayanan mudik virtual lewat internet gratis.

Baca juga: Tim penyelamat gendong manula evakuasi korban banjir Rokan Hulu

"Jadi nantinya masyarakat bisa hubungi keluarga dan sanak familinya di kampung melalui petugas di Polsek. Dengan adanya layanan mudik virtual gratis ini, kiranya tetap bisa mempererat silaturahmi dengan keluarga mereka yang ada di kampung halaman dengan panggilan telepon atau video call gratis," ujar AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat.

 
Pewarta : Hendra Ambarita
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021