Kami merasakan kerja keras dari semua pihak sehingga capaian vaksinasi di kabupaten ini telah melebihi target
Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melakukan sejumlah terobosan untuk bisa mengejar target vaksinasi 70 persen di akhir tahun 2021.

"Kami merasakan kerja keras dari semua pihak sehingga capaian vaksinasi di kabupaten ini telah melebihi target, yakni sampai kemarin bisa mencapai 76,5 persen," kata Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi di Labuan Bajo, Kamis.

Di hadapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan Wakil Menteri Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Budie Arie Setiadi yang hadir dalam Sentra Vaksinasi Antis Labuan Bajo, Bupati Edi menjelaskan berbagai terobosan yang diambil oleh pemerintah daerah.

Pertama, pemerintah daerah menjalin koordinasi dengan berbagai pihak, baik kementerian, lembaga, dan pihak swasta. Bantuan vaksin pun telah mengalir ke Manggarai Barat.

Dia menyebut, salah satu bantuan stok vaksin diberikan oleh Pasar Modal Indonesia sebanyak 100.000 dosis dan uang lelah bagi tenaga kesehatan.

Selanjutnya, pemerintah daerah juga mengeluarkan surat edaran terkait vaksinasi dalam bentuk instruksi bupati. Dalam surat tersebut, masyarakat yang menolak vaksin bukan dengan alasan medis akan menerima sanksi administrasi, seperti tidak mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan, izin usaha, dan bantuan sosial.

Tak lupa pula Bupati Edi menyebut telah bekerja sama dengan para tokoh agama yang ada di Manggarai Barat. Melalui kerja sama tersebut, layanan vaksinasi yang tidak bisa dijangkau oleh pemerintah kemudian bisa dijangkau oleh para tokoh agama.

Melalui langkah-langkah tersebut, kini Manggarai Barat telah mencapai 76,5 persen untuk vaksinasi COVID-19 dosis satu per 1 Desember 2021. Besaran angka tersebut telah menyasar 155.094 jiwa dari target sasaran vaksinasi sebanyak 202.827 jiwa.

Selanjutnya, realisasi vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 35,4 persen yang menyasar 71.857 jiwa.

Bupati Edi berharap semakin banyak pihak yang bisa memberikan bantuan stok vaksin ke Manggarai Barat agar realisasi 100 persen vaksinasi COVID-19 di Manggarai Barat tercapai di akhir tahun 2021 mendatang.
Baca juga: Menparekraf RI apresiasi capaian vaksinasi COVID-19 di Manggarai Barat
Baca juga: Labuan Bajo Flores miliki tiga faktor kritikal integrasi pariwisata
Baca juga: Polres Manggarai Barat telah suntikkan 10.676 dosis vaksin COVID-19

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021