Bangka Barat dirikan dapur umum bantu warga terdampak banjir pasang

Bangka Barat dirikan dapur umum bantu warga terdampak banjir pasang

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming (Kanan jas hujan oranye), Kapolres AKBP Agus Siswanto (bertopi) bersama petugas menyiapkan makanan di dapur umum untuk membantu warga terdampak banjir pasang di Kampung Tanjung, Mentok. ANTARA/ Donatus Dasapurna.

Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendirikan dapur umum untuk membantu warga yang terdampak banjir pasang di Kelurahan Tanjung Mentok.

"Hari ini kami mulai mendirikan dapur umum, kami berharap upaya ini bisa bermanfaat dan sedikit meringankan beban warga yang mengalami musibah," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto di Mentok, Rabu.

Banjir pasang akibat hujan lebat yang terjadi dua hari terakhir bersamaan dengan pasang air laut tinggi, pada hari ini mengakibatkan terjadi genangan air di dua lokasi permukiman warga, yaitu di Kampung Ulu dan Kampung Tanjunglaut, Kelurahan Tanjung Mentok.

Baca juga: TNI dirikan dapur umum untuk penuhi pangan korban banjir Lombok Barat

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 116 rumah warga terendam air dengan ketinggian rata-rata mencapai 60 centimeter, sedangkan jumlah warga terdampak sekitar 500 orang.

"Penyediaan dapur umum di lokasi itu merupakan bentuk penanganan, hari ini kami juga sudah membagikan nasi bungkus untuk makan siang warga di lokasi tersebut," katanya.

Baca juga: Dapur umum TNI salurkan makanan 2.208 korban banjir Hulu Sungai Tengah

Dapur umum di lokasi yang tidak terlalu jauh dari lokasi banjir tersebut disiapkan untuk menyediakan makanan sederhana, layak, higienis dan bergizi dengan pola pengaturan distribusi yang cepat dan tepat kepada para korban.

"Distribusi kami salurkan dari rumah ke rumah sesuai dengan jumlah anggota keluarga, kami berharap pola ini bisa cepat dan tepat sasaran," katanya.

Selain penyediaan makanan sehat, hari ini Kapolres bersama Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming juga telah melakukan peninjauan di lokasi untuk mengetahui kondisi riil warga korban banjir pasang sebagai dasar dalam menyusun rencana aksi penanganan selanjutnya.
Pewarta : Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021